Jaguar Kembali Produksi Toolkit Untuk E-Type Model Lawas

Jaguar Kembali Produksi Toolkit untuk E-Type Model Lawas

KabarOto.com – Kehadiran toolkit dalam sebuah kendaraan, memang merupakan hal yang penting. Toolkit yang dibawa di kendaraan, akan cukup membantu. Terutama, ketika kendaraan mengalami masalah.

Setidaknya untuk masalah-masalah kecil pada kendaraan, bisa diselesaikan sendiri. Seperti misalnya mengencangkan baut yang kendor, mengganti ban serep, atau bahkan mengganti busi.

Toolkit dalam sebuah kendaraan, biasanya tersedia sebagai bawaan. Namun seringkali, toolkit-toolkit yang ada di sebuah kendaraan ini. Sudah termakan usia. Terlebih untuk kendaraan-kendaraan lawas. Bisa juga toolkit-toolkit ini hilang sebagian, atau malah hilang semua.

Nah, kali ini ada sesuatu yang menarik. Mengenai toolkit untuk mobil, yaitu pabrikan mobil Jaguar, kembali memproduksi toolkit. Yang ditujukan untuk mobil-mobil lawas. Toolkit ini sebenarnya adalah semacam replika. Dari toolkit Jaguar di tahun 1970-an.

Baca juga: Test Drive Jaguar F-Pace 3.0 R-Sport, Tawarkan Kepraktisan Tinggi dan Rasa Berkendara Sport

Seperti yang dilansir dari Motor1. Toolkit seperti ini awalnya diluncurkan bersamaan, dengan generasi pertama dan kedua dari Jaguar E-Type. Toolkit model ini tersedia hingga Jaguar E-Type series 2. Mengehentikan produksinya di tahun 1971.

Secara tampilan, toolkit ini memang terlihat mewah untuk sebuah perkakas. Terutama jika dibandingkan dengan toolkit-toolkit mobil pada umumnya. Toolkit Jaguar ini hadir dengan balutan kulit berkelir hitam. Berpadu dengan bagian dalamnya, yang menggunakan bahan semacam kanvas berkelir krem.

Bagian-bagian detail seperti jahitannya terlihat sangat rapih. Selayaknya barang-barang premium. Selain itu juga terdapat logo Jaguar kecil di bagian kiri toolkit ini. Selain di bagian dalamnya, logo Jaguar ini juga terdapat di bagian pengaitnya, bentuknya menyerupai sabuk.


Sebagai toolkit, memiliki fungsi untuk kebutuhan saaat memperbaiki bagian kendaraan. Di Indonesia lebih familiar menyebutnya dengan kunci-kunci, terdiri dari berbagai ukuran dan jenis.

Mulai dari yang paling umum, seperti misalnya tang, obeng, kunci-kunci pas berbagai ukuran, kunci inggris, kunci sok lengkap dengan tuasnya, hingga kunci L.

Bukan hanya kunci-kunci umum, di toolkit ini juga tersedia alat-alat yang tidak umum. Diantaranya adalah kunci untuk mengatur klep, grease (Gemuk), kunci untuk mengatur rem tangan, alat untuk bleeding rem, dan kunci busi khusus untuk mobil Jaguar.

Baca juga: 1 Dari 5 Mobil Jaguar C-X75 James Bond 'Spectre' Siap untuk Lelang

Nah, ternyata di bagian kunci-kunci ini juga terdapat detail yang disematkan Jaguar. Yaitu logo Jaguar untuk setiap kunci-kunci di toolkit ini. Sehingga kunci-kunci ini terlihat lebih premium dan presisi.

Berbicara mengenai barang premium, pasti tidak lepas dari harganya. Toolkit dari Jaguar ini, dibanderol cukup mahal. Di angka EUR 732, atau jika dikonversikan menjadi sekitar Rp 11 juta.

Namun ternyata, banderol harga tersebut bisa dibilang jauh lebih murah. Ketimbang toolkit Jaguar lawas tahun 1970-an. Seperti yang dilansir dari Motor1. Dalam sebuah lelang, toolkit Jaguar OEM yang masih lengkap bisa dibanderol EUR 5.000 atau sekitar Rp 77 juta.

Wow, memang kalau termasuk barang koleksi harganya bisa melambung tinggi yah. (Gregorius Nikolaus.P)