POPULAR STORIES

Jalan Jakarta Yang Dialihkan Hari Ini Karena Demonstrasi

Jalan Jakarta yang Dialihkan Hari Ini Karena Demonstrasi Bunderan HI Jakarta Pusat (Foto: KO)

KabarOto.com - Hari ini, Senin (11/04) ribuan mahasiswa dari berbagai daerah rencananya akan mendatangi Ibu Kota Jakarta, untuk melakukan demonstrasi di Istana Negara. Mengantisipasi terhambatnya arus lalu lintas, Polda Metro Jaya melakukan rekayasa arus lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas dimulai pukul 08.30 WIB, engan menutup sejumlah ruas jalan yang mengarah ke Istana Negara di kawasan Monas Jakarta Pusat. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, salah satu jalan adalah Medan Merdeka Barat.

Baca juga: Begini Situasi Jalan Di Jakarta Saat PSBB Kembali Diberlakukan

Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Selatan (Foto: KO)

"Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup pukul 08.30 WIB karena akan dipasang security barrier/pagar kawat dan juga water barrier di kedua arah," jelas Sambodo kepada media.

Arus lalu lintas menurut dia akan dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan. "Harmoni arah ke Istana akan kita tutup juga," tambahnya. Rekayasa lalu lintas tidak hanya di Istana Negara, tapi juga di sekitar Gedung DPR RI.

Rekayasa di sekitar lokasi kompleks gedung parlemen sifatnya situasional. "Untuk di DPR/MPR sifatnya situasional melihat perkembangan massa. Bila massa cukup banyak maka arus akan ditutup di bawah jembatan layang, dan akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda," tambah Sambodo.

Baca juga: Sampai Maret 2021, Lajur 1 Dan 2 Ruas Tol Jakarta - Cikampek Ditutup Situasional

Berikut titik-titik rekayasa lalu lintas hari ini:

  • Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke Harmoni

  • Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokan ke kanan Jalan Perwira

  • Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Medan Merdeka Timur

  • Jalan MH Thamrin yang akan menuju Bundaran Patung Kuda dibelokan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih

  • Jalan Abdul Muis yang akan dibelokkan ke kiri Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis

  • Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokan ke kiri maupun kanan, arus lalin dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalin dari Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit

  • Jalan Hayam Muruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokan ke kiri ke Jalan Ir H Juanda dan arus lalin dari Jalan Suryo Pranoto yang akan menuju Jalan Juanda dibelokan ke kiri Jalan Gajah Mada

  • Jalan Abdul Muis yang akan menuju Jalan Majapahit dibelokan ke kiri Jalan Tanah Abang II

  • Jalan Katedral yang akan menuju ke Veteran dibelokan ke kanan arah Pasar Baru

  • Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran I diluruskan ke arah Harmoni