POPULAR STORIES

Jalan Jenderal Sudirman Disiapkan Jadi Sirkuit Formula E

Jalan Jenderal Sudirman Disiapkan Jadi Sirkuit Formula E Jakarta E-Prix 2022 (FIA)

KabarOto.com - Formula E Operation (FEO) selaku penyelenggara Formula E disebut tengah mengincar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat sebagai sirkuit balap Formula E. Jalan Jenderal Sudirman dalam rangka menyambut Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN 2023.

Baca Juga: Jakarta International E-Prix Circuit Diklaim Masih Layak Gelar Formula E

"Kemungkinan besar di sekitar kawasan jalan Jenderal Sudirman. Memanfaatkan perbaikan jalan Jenderal Sudirman dan sekitarnya yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyukseskan berbagai perhelatan Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN 2023," ujar Ketua Komite Pengarah (Steering Committee) Formula E Jakarta, Bambang Soesatyo.

Sejumlah pejabat daerah dan pemerintah hadir di Formula E Jakarta (Foto: Dok IMI)

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu mengutarakan keinginan FEO menggunakan sirkuit jalan raya, setelah kontrak penggunaan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara habis pada Formula E Jakarta 2023.

Hal itu terungkap saat Bamoset melakukan audiensi dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menyebut bahwa konsistensi penyelenggaraan Formula E sangat penting untuk menguatkan posisi Indonesia di G20.

Baca Juga : Ini Cerita Setiap Pembalap F1 Memilih Nomor Balapnya (Bagian 2)

Di tahun 2023 ini saja, dari 16 seri Formula E, sebanyak 15 seri dilakukan di negara G-20. Sisanya 1 seri dilakukan di Monako pada 6 Mei. Selain Indonesia, negara G-20 yang menjadi tuan rumah Formula E 2023 antara lain, Meksiko (menyelenggarakan Formula E pada 14 Januari), Arab Saudi (27 dan 28 Januari), India (11 Februari), Afrika Selatan (25 Februari), Brazil (25 Maret), Jerman (22 dan 23 April), Amerika Serikat (24 Juni), Italia (15 dan 16 Juli), serta Inggris (29 dan 30 Juli).