POPULAR STORIES

Jalur Transjakarta Akan Dipasang Kamera ETLE Pada 2020

Jalur Transjakarta Akan Dipasang Kamera ETLE pada 2020 Ilustrasi bus Transjakarta (Wego)

KabarOto.com - Sejumlah wilayah di DKI Jakarta sudah terpasang kamera CCTV terkait penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia kali ini berencana untuk memperluas area dengan sistem tersebut.

Perluasan wilayah dengan sistem tilang ETLE dilakukan sebagai upaya menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Sistem tersebut berfungsi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalu lintas.

Baca Juga: Hati-hati! Ngebut Di Tol Wilayah Jabodetabek Bakal Kena Tilang ETLE

Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat, terhitung dari 1 November 2018 hingga 1 November 2019 sebanyak 54.074 pelanggar tertangkap kamera ETLE. Data ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk menaati peraturan masih kurang.

Kini tak hanya jalur arteri, Ditlantas juga akan memasang kamera ETLE di jalan Tol Dalam Kota dan busway yang bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Pihak Kepolisian akan terus menambah jumlah kamera ETLE hingga tahun 2020 mendatang.

"Kamera ETLE di jalur Transjakarta juga akan diperbanyak jadi 14 titik guna memantau kendaraan yang nekat masuk jalur khusus tersebut," jelas Irjen. Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si selaku Kapolda Metro Jaya.

Baca Juga: Canggih! Titik Kamera Tilang ETLE Kini Bisa Dipantau Di Waze

Seperti yang diketahui jalur Transjakarta sering dilalui oleh kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu jalur transportasi umum, dimana Transjakarta tidak dapat berfungsi dengan baik. Perjalanan menjadi tersendat hingga harus ikut-ikutan terkena imbas padatnya lalu lintas.

Dirut PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono juga mengatakan, "Tilang elektronik di busway ini nantinya berlaku untuk semua jenis kendaraan, termasuk motor. Agung berharap dengan adanya tilang elektronik di busway ini dapat meningkatkan headway bus Transjakarta."

Sterilnya jalur Transjakarta dapat kembali seperti mandat awalnya. Jalur khusus yang steril 100% untuk keamanan dan kenyamanan warga DKI Jakarta menggunakan Transportasi publik.

Secara keseluruhan terdapat 105 kamera ETLE akan dipasang di ruas-ruas jalan yang dikoordinasikan antara Ditlantas Polda Metro Jaya dan Kadishub DKI Jakarta.