POPULAR STORIES

Jangan Asal, Ini Cara Perlakukan Electric Power Socket Di Motor Modern

Jangan Asal, Ini Cara Perlakukan Electric Power Socket di Motor Modern AHM, YIMM

KabarOto.com - Tak hanya ada di mobil, fitur electric power socket pun kerap ditemukan di sepeda motor modern. Fitur ini dapat diandalkan pengendara yang aktif sebagai sumber arus listrik dalam segala kondisi, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti touring.

Pengendara tetap wajib melakukan perawatan yang tepat dan rutin untuk menjaga durabilitas fitur ini. Hal ini perlu diiringi dengan pengetahuan pengendara dalam merawat sepeda motor yang tepat. Berikut tipsnya.

Pastikan Electric Power Socket selalu dalam kondisi bersih mencegah debu masuk kedalam yang menyebabkan penyumbatan arus listrik.

Baca juga: Motoran Saat Libur Natal Dan Tahun Baru? Simak Tipsnya

"Selalu tutup Electric Power Socket untuk mencegah korosi karena air yang masuk saat hujan atau mencuci motor," ujar Antonius Widiantoro, selaku Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Rutin membersihkannya, dengan cara di semprot menggunakan angin kompresor dengan tekanan rendah. Selalu gunakan USB charger kit sesuai spesifikasi motor. Contohnya di beberapa motor dengan menggunakan daya maksimum 12 volt dan arus 2 ampere agar dapat berfungsi normal.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Langkah Darurat Ketika Motor Mogok Karena Banjir

"Sebagai perlindungan, hindari memasang perangkat elektronik di luar spesifikasi apalagi sampai merubah jalur kelistrikan, lazimnya jika terjadi korsleting maka sekring akan memutus arus secara otomatis, imbuh Anton, sapaan akrabnya.

Sesuai spesifikasi standar motor, jika terjadi kerusakan atau korsleting, pengendara hanya perlu mengganti sekring yang rusak karena korsleting hanya akan memutus sekring untuk bagian charger.