POPULAR STORIES

Jangan Ganti Sekring Amphere Lebih Besar, Ini Akibatnya

Jangan Ganti Sekring Amphere Lebih Besar, Ini Akibatnya Sekring mobil. Dok : Deddy / KabarOto

KabarOto.com – Sekring bisa jadi penyelamat kelistrikan mobil akibat korsleting listrik yang mungkin terjadi akibat pemasangan aksesori variasi dan faktor lainnya.

Sekring itu jadi pengaman utama untuk memutus alur listrik ketika terjadi korsleting. “Amphere itu pengaman utama kalau terjadi korsleting, fungsinya kan memutus arus kalau terjadi korsleting,” jelas Rico, owner Shine Auto.

Baca Juga : Tips Pemasangan Lampu Mobil Variasi Aman Dari Korsleting

Amphere memiliki ukuran masing-masing, misalnya 5A, 7.5A, 10A, 15A, 20A, 30A dan sebagainya. Ukuran itu harus sesuai dengan standarnya, tidak boleh diganti-ganti.

“Ukuran amphere sekring tidak boleh diganti-ganti, misalnya diperbesar dari 7.5A diubah 15A, itu bahaya sekali. Karena apabila terjadi konsleting, akibat ampherenya terlalu besar maka sekringnya tidak putus,” papar Rico.

Baca Juga : Kustom Foglamp Proyektor LED Laser, Mampu Menembus Hujan Dan Kabut

Oleh karena itu, setiap pemasangan aksesori variasi pastikan jalur listrik menyesuaikan aslinya, dan gunakan sekring saat pemasangan. Hal itu supaya lebih aman, begitu juga sekring bawaan mobil.

Harga sekring pun tidak terlalu mahal kok saat tim KabarOto. Di online store, harga perbuah sekitar Rp 1.000 hingga Rp 25 ribuan per bijinya.