Jangan Khawatir, Cuma Rp100 Ribu Penyok Bisa Hilang Tanpa Cat Ulang

Jangan Khawatir, Cuma Rp100 Ribu Penyok Bisa Hilang Tanpa Cat Ulang Proses pengerjaan PDR di bagian kap mobil (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - PDR (Painless Dent Removal) merupakan sebuah teknik perbaikan bodi kendaraan penyok tanpa harus melakukan cat ulang. PDR Pro Tangerang 2 merupakan salah satu outlet yang memberikan perbaikan menggunakan teknik tersebut.

Penyok pada bodi kendaraan memang tidak bisa dihindari. Menurut Adit selaku Outlet Manager PDR Pro Tangerang 2 bagian yang paling sering penyok adalah pintu.

"Kalau mobil biasanya penyok karena lagi parkir terus orang yang parkir di sebelahnya buka pintu terlalu lebar sampai kena mobil sebelahnya, paling banyak sih di bagian itu," jelasnya.

Baca Juga: Seharga 50 Juta, Ini Kelebihan PPF Dari Harganya Yang Fantastis!

Pengerjaan PDR di panel pintu bagian bawah (Foto: Wandha/KO)

Bagian favorit penyok lainnya yaitu bumper belakang, biasanya akibat tertabrak oleh kendaraan lain. Kemudian kap mobil akibat tertimpa buah atau tertindih tangan.

Cara kerjanya PDR menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam plat panel yang penyok kemudian dibenahi dari dalam. Namun, jika alat kurang menjangkau maka akan dibantu dengan cara vakum seolah bodi yang penyok disedot untuk kembali rata.

Sementara Waktu pengerjaannya pun tergolong sebentar karena hanya memerlukan waktu 30-60 menit untuk kerusakan ringan. Jika tergolong berat maka akan memakan waktu 1-2 jam, biasanya akibat tabrak belakang yang menghantam bumper.

Pengerjaan PDR di panel pintu bagian atas (Foto: Wandha/KO)

Sayangnya, tidak semua penyok serta seluruh bagian bisa dijangkau dan diperbaiki agar mulus seperti semula. Kerusakan di bagian sudut dan lekukan tidak bisa dijangkau oleh alat.

Baca Juga: Pasang PPF Di V-Kool Banyak Untungnya!

"Kita sebutnya tulangan untuk lekukan di mobil. Kalau mobil Eropa tulangannya lebih susah, soalnya rapat dan platnya tebal. Beda sama mobil Jepang yang tulangannya ada ruangnya," jelas salah satu pegawai PDR Pro Tangerang 2.

Apabila dipaksakan maka akan merusak cat asli pada kendaraan. Selain itu, PDR hanya mampu memperbaiki penyok pada bagian kendaraan yang terbuat dari baja atau alumunium. Sepeda motor juga bisa diperbaiki, namun dilihat dari kondisi penyok karena plat besi pada motor biasanya lebih tebal.

Penyok ringan (Foto: Wandha/KO)

Perbaikan PDR dibanderol Rp 100 ribu untuk kategori ringan, sementara kerusakan sedang dihargai Rp 200 ribu, dan penyok berat seharga Rp 300 ribu. Biaya dihitung per titik yang penyok dan tingkatan kerusakan dilihat dari kondisi, dimensi, serta posisinya.

PDR Pro Tangerang 2 juga memiliki treatment body repair, perbaikan ini disarankan untuk bagian mobil yang kondisinya sudah sulit jika hanya menggunakan teknik PDR.

Baca Juga: Rawan Kotor, Begini Tips Bersihkan Jok Fabric Pada Mobil

"Perbaikan penyok berat kalau dari segi harga kita lebih menyarankan ke body repair, karena kalau hanya PDR pasti harganya tidak jauh berbeda dengan body repair," papar Adit.

Pengerjaan body repair (Foto: Wandha/KO)

Body repair di PDR Pro Tangerang 2 sudah mencakup perbaikan penyok dan pengecatan ulang, sementara biayanya dihitung per panel misalnya untuk bumper harga mulai dari Rp 600 ribu. Namun untuk body repair yang mencakup pengecatan seluruh bagian mobil harganya mulai Rp 10 juta, dilihat dari bahan cat asli kendaraan yang dipakai.

Bahan cat kendaraan paling mahal yaitu cat siralik, rate dibawahnya metalik, dan paling murah yaitu solid. Body repair memakan waktu cukup lama sekitar 1-2 hari tergantung seberapa berat kondisi kerusakan mobil. PDR Pro Tangerang 2 juga memberikan garansi selama 3 bulan jika terjadi turun warna atau belang pada cat mobil.