POPULAR STORIES

Jangan Panik, Ternyata Ini Penyebab Tombol Stir Tidak Berfungsi

Jangan Panik, Ternyata Ini Penyebab Tombol Stir Tidak Berfungsi Stir Hyundai Kona (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Agar perjalanan tidak membosankan, seluruh mobil kini mengaplikasikan fitur hiburan untuk menyenandungkan lagu kesukaan selama perjalanan. Namun, tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah pada head unit, speaker, maupun tombol pada stir.

Adanya tombol tersebut, memudahkan pengoperasian audio pada mobil sobat KabarOto. Tombol itu juga membantu pengemudi untuk tetap waspada selama mengemudi, tanpa harus mengalihkan konsentrasi mengemudinya.

Baca Juga: Profil - Hyundai Kona 2019

Karena fungsi tombol di stir mobil memiliki fungsi untuk memudahkan pengaturan. Namun, kerap kali tombol-tombol ini tidak berfungsi dengan baik. Jangan panik dulu Sob, ketika tombol panel tidak berfungsi dengan benar tidak melulu karena rusak atau harus langsung diganti.

Ternyata permasalahan ini biasanya terjadi pada kendaraan yang head unit sudah diganti dengan merek aftermarket. Pada pemasangan awal, tempat reparasi audio pasti melakukan pengaturan atau menyinkronkan remote stir dengan head unit. Walaupun, tidak dipungkiri masalah serupa dapat terjadi pada head unit bawaan.

Biasanya penyebab tidak berfungsinya tombol panel di stir karena saat pengguna membawa mobilnya ke bengkel resmi, pengaturan head unit juga ikut di reset. Sehingga tombol dan head unit tidak tersambung secara benar dan tidak dapat digunakan.

Baca Juga: All New Suzuki Jimny 2019 – Pertama Pakai Audio Bening

"Di awal, konsumen sering panik kok tombolnya nggak bisa. Padahal itu cuma butuh di pengaturan ulang saja," jelas pemilik Oto Variasi Philip Adiguna.

Apabila kasus yang terjadi hanya menyerang sebagian tombol, tempat reparasi perlu melakukan pembongkaran untuk mengecek secara manual. Hal ini perlu dilakukan dan tidak bisa sembarangan agar masalah yang terjadi dapat ditangani secara tepat.

Tempat reparasi akan melihat memori pembacaan dari head unit. Jika di awal panel tombol bisa digunakan, yang bermasalah ada di bagian setting memori. Sedangkan permasalahan terjadi sejak awal penggantian unit, bisa di asumsikan terdapat kesalahan saat instalasi.

"Kita nggak bisa asal bilang remot stirnya yang rusak, karena sebenarnya lebih ke arah pengaturan memori dari head unit ke remot setirnya saja," jelas Philip.

Baca Juga: Mau Upgrade Sistem Audio Mobil? Intip Nih Subwoofer Terbaru Dari Ground Zero