POPULAR STORIES

Jangan Salah, Berikut Cara Membedakan Oli Asli Dan Palsu

Jangan Salah, Berikut Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu Pertamina Lubricant punya cara sendiri membedakan oli asli (Foto: PTPL)

KabarOto.com - Oli merupakan cairan yang sangat penting pada sebuah kendaraan, fungsinya untuk mendukung kinerja dan melindungi komponen di dalam mesin. Untuk itu, pabrikan menyarankan mengganti oli mesin secara rutin. Bisa datang ke bengkel resmi, atau mengganti sendiri di rumah.

Namun, saat ini banyak beredar oli palsu, menggunakan nama brand pelumas ternama. Lalu apa dampak menggunakan oli palsu pada mesin? Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) mengatakan, oli palsu berpengaruh terhadap kinerja mesin, lambat laun akan merusak komponen.

Baca Juga: Tingkatkan Branding Pelumas Lokal, Pertamina Lubricants Ajak Jurnalis Touring Ke Ujung Genteng

“Kandungan pada oli mesin itu kompleks. Bukan semata base oil, tapi juga ada aditif tertentu untuk mendukung kerja mesin,” terang Brahma. Bahan tersebut, menurut dia sudah diformulasikan sesuai kebutuhan mesin.

Terdapat batch number pada bagian leher botol (Foto: PTPL)

Menurutnya, kandungan maupun kualitas oli mesin palsu yang dipasarkan oknum tertentu jelas berbeda dengan buatan pabrik. "Kandungannya dapat merusak mesin. Berbeda dengan pelumas dari produsen resmi, yang memiliki laboratorium untuk mengetahui kualitas pelumasnya," tambah Brahma.

Berikut cara membedakan oli palsu dan asli:

Pertama jangan mudah tergiur dengan harga murah. Brahma menyarankan kepada pemilik kendaraan untuk membelinya di toko atau bengkel terpercaya. Cara membedakan, khusus oli buatan Pertamina, terdapat beberapa ciri, terdapat batch number yang ada di tutup oli.

"Paling gampang bisa dilihat pada batch number pada tutup botol atau leher botol,” tambah dia. Base number itu diproduksi menggunakan laser, bentuknya simetris, berurutan dan rapi. “Yang palsu biasanya bolong, jenis dan ukuran font tidak sama, nggak rata dan nggak simetris," terangnya.

Baca Juga: Pelumas Untuk Merawat Mobil Lama Dan Baru Berbeda, Simak Informasinya

Selain itu, oli atau pelumas Pertamina Lubricants juga sudah dilengkapi QR-Code, dipasang pada bagian tertentu kemasan. Pengaplikasian QR-code ini tentu tak dapat dipalsukan. "Nomor QR-Code kita random, kalau palsu, biasanya nomornya cenderung sama, karena hasil printing," tandas Brahma.