POPULAR STORIES

Jangan Tergiur Promo, Perhatikan Ini Sebelum Membeli Motor Baru

Jangan Tergiur Promo, Perhatikan Ini Sebelum Membeli Motor Baru Calon konsumen melihat dari dekat motor yang akan di beli dalam sebuah pameran (Foto: AHM)

KabarOto.com - Akhir tahun, biasanya dimanfaatkan oleh diler sepeda motor untuk menawarkan promo menarik, dengan cicilan ringan atau uang muka murah. Nah, bagi Anda yang ingin membeli motor baru, dan tergiur dengan program penjualan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Head of Marketing Promotion Wahana Makmur Sejati, Andra Friandana memberikan tips.

1. Survei

Pastikan membeli motor di diler resmi dari merek yang dipilih. Jangan tergiur pada harga murah dari satu diler, diharapkan cek dari tempat lainnya.

Baca Juga: Pengguna Alva Cervo Jengkel Motornya Enggak Bisa Digas, Padahal Baru 1.500 Km

"Ini penting dilakukan, karena ada perbedaan harga dan juga kebijakan pembelian motor, walaupun sama-sama diler resmi," terang Andra, belum lama ini.

2. Baca Review dari Internet

Saat ini banyak media otomotif, bloger tau influencer yang mereview terkait pilihan motor yang akan dibeli. Jika model yang ingin diincar banyak komentar negatif, cari model lainnya. "Atau bisa tanya teman dan keluarga yang sudah menggunakannya," tambah Andra.

Deretan sepeda motor ditawarkan dengan promo menarik (Foto: KabarOto)

Perhatikan spesifikasi setiap elemen penting dari motor tersebut. Ini akan membantu untuk membandingkan dan memastikan apakah motor tersebut tepat atau tidak.

3. Lakukan Test Ride

Test drive ini penting sebelum membeli, lakukan di diler resmi, rasakan kenyamanan dan keamanan motor tersebut, agar nantinya bisa menyesuaikan dengan cepat. c

4. Cek Kondisi Motor

Meski sudah membaca reviewnya, saat melihat langsung, teliti kembali spesifikasinya. "Salah satu kesalahan pemula adalah hanya mengecek bodi dan mesin. Selain itu, bila ada penawaran yang murah langsung terbujuk untuk membelinya," papar Andra lagi.

5. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Selain harga, hal lain yang perlu dicek sebelum membeli motor, adalah apakah motor sesuai kebutuhan, apakah bahan bakarnya irit atau tidak. Apakah desain sesuai, juga perhatikan biaya service dan spare parts-nya, dokumen pajak, dan lainnya.

6. Teliti Proses Pembayaran

Pastikan harganya sesuai dengan budget selanjutnya metode pembayaran. Hindari memaksakan kehendak dengan membeli secara tunai namun setelahnya Anda tidak lagi memiliki uang.

Jika memilih kredit, pilih jumlah uang muka, agar jumlah cicilan per bulan tidak terlalu besar. Namun, perlu lebih teliti saat memutuskan untuk melakukan kredit motor, perhatikan berapa bunga dan hal penting lainnya.

7. Biaya Lain

Kemudian, perhatikan lagi, apakah ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, seperti untuk membeli peralatan keamanan, seperti jaket motor, helm, sarung tangan motor, pelindung tambahan atau perlengkapan lainnya.

Baca Juga: Hayaidesu Luncurkan Handgrip Terbaru Untuk Berbagai Jenis Motor, Berikut Harganya

8. Asuransi

Asuransi ini cukup penting, meski banyak dilupakan, motor perlu perlindungan, agar jika terjadi kecelakaan, Anda bisa mengklaimnya.