POPULAR STORIES

Jangan Terlewat, Ini Bagian Kabin Yang Harus Sering Dibersihkan

Jangan Terlewat, Ini Bagian Kabin yang Harus Sering Dibersihkan Foto: Wandha/KO

KabarOto.com - Wabah virus Corona atau Covid-19 mempengaruhi berbagai industri dan aspek kehidupan. Kini hidup jauh lebih bersih sangat dianjurkan. Saat penerapan karantina mandiri tak dipungkiri beberapa orang masih berada dijalan dan menggunakan kendaraan.

Bagi Sobat KabarOto yang menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari ditengah pandemi, berada di kabin ber-AC bukan jaminan terhindar dari virus. Garda Oto memberikan tips supaya Sobat KabarOto terlindungi dari virus saat mengemudi mobil.

Baca Juga: Kabin Lembap Sebabkan Jamuran, Ini Tips Agar Bebas Jamur

1. Bersihkan Komponen Mobil yang Sering Disentuh
Di mobil ada sejumlah titik yang sekiranya jadi tempat favorit virus bersarang. Misalnya bagian-bagian yang sering disentuh seperti setir, tombol audio, tombol power window, handle door, sabuk pengaman, dan tombol start/stop.

Saat membersihkan, Sobat KabarOto harus perhatikan material yang digunakan. Bahan kulit bisa dibersihkan menggunakan alat pembersih khusus kulit. Kalau tidak punya gunakan air yang sudah dicampur dengan sabun, kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi lalu di lap bersih dengan kain microfiber.

Baca Juga: Bersihin Kabin Mobil Pakai Vacum Cleaner Yuk Saat #dirumahaja

Jika material yang digunakan adalah plastik atau vinil, gunakan campuran air dan sabun yang tidak terlalu kental. Kalau terlalu kental permukaan setir bisa lengket. Nah, jangan lupa bersihkan bagian lain seperti tuas sein, tuas transmisi, dan sebagainya.

2. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyetir
Usai membersihkan bagian-bagian yang sering disentuh, Sobat KabarOto juga harus memperhatikan kebersihan tangan. Jadi, jangan lupa cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan setelah menyetir.

3. Membawa Hand Sanitizer
Dituntut untuk selalu membersihkan tangan, mungkin akan terasa sulit saat berpergian. Sobat KabarOto bisa membawa hand sanitizer sebagai pertolongan apabila tidak ada air dan sabun. Jadi, sebelum masuk dan keluar mobil bisa menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu.

4. Dimulai dari Menjaga Kondisi Tubuh
Covid-19 mudah menghinggapi tubuh yang sistem imunnya lemah, sebab itu Sobat KabarOto harus mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin serta istirahat yang cukup. Jika merasa kurang sehat disarankan untuk segera konsultasi ke dokter, apalagi kalau gejalanya mirip covid-19 seperti demam dan flu.

Baca Juga: WFH Bikin Badan Kaku, Ini Tips Dari Pembalap Agar Badan Tetap Bugar

5. Hubungi Garda Siaga Jika Mengalami Kesulitan
Saat seperti ini cukup sulit ditemui toko yang buka atau orang berkeliaran dijalan. Jika sebelumnya kita bisa mengandalkan bantuan orang-orang sekitar di keadaan mendesak, kini apabila mengalami kesulitan dan Sobat KabarOto adalah pelanggan Asuransi mobil Garda Oto bisa menghubungi Garda Siaga, misalnya saat mobil mogok.

Semoga tips tadi bermanfaat, dan kita semua dijauhkan dari virus Corona, selalu jaga kebersihan yah sob!