Jarang Diperhatikan, Begini Cara Rawat Knalpot

Jarang Diperhatikan, Begini Cara Rawat Knalpot KabarOto/ DAM

KabarOto.com - Knalpot merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor, yang berfungsi sebagai sistem pembuangan gas hasil pembakaran di ruang mesin.

Knalpot menjadi bagian yang rawan terserang korosi dan karat karena posisinya yang sangat mudah terkena kotoran. Karena itu penting dilakukan perawatan supaya kondisi dan kinerjanya tetap optimal.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, jika knalpot sepeda motor tidak dalam kondisi baik seperti bocor, akan mempengaruhi kinerja output tenaga mesin dan meningkatkan kebisingan suara.

Baca juga: Penting Diketahui, Ini Penyebab Knalpot Motor Nembak

"Kondisi knalpot yang rusak dan dibiarkan terus menerus dapat merembet ke komponen lain dan tentunya berpotensi memperpendek usia pakai motor," ujar Ade Rohman.

Ia juga bilang, menggunakan knalpot bocor juga memiliki risiko konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros.

1. Leher Knalpot Rutin Dibersihkan

Pemilik sepeda motor harus secara rutin membersihkan knalpot khususnya pada bagian leher knalpot tanpa harus membuka knalpot. Terlebih setelah berkendara di bawah hujan.

Alasannya karena kandungan asam pada air hujan dapat mempercepat proses korosi. Selain itu, kotoran seperti debu dan lumpur yang menempel dalam waktu lama juga akan mempercepat timbulnya karat.

"Jika mencuci, jangan lupa gunakan cairan pembersih netral yang tidak bersifat abrasif," wantinya.

2. Periksa Kebocoran

Pemeriksaan kebocoran pada knalpot, baik pada dinding knalpot atau sambungan baut.

Pastikan baut pengikat terpasang dengan kencang. Sebab baut yang kendor bisa menyebabkan kebocoran dan beberapa masalah lain.

Baca juga: Satlantas Polres Karanganyar Amankan 36 Motor Berknalpot Brong

3. Lakukan Service Berkala

Service berkala yang dilakukan secara rutin di bengkel terpercaya akan menjaga sepeda motor selalu dalam kondisi prima.

Sobat KabarOto juga akan mengetahui komponen apa saja yang mengalami gejala kerusakan, sehingga potensi timbulnya masalah pada sepeda motor bisa dicegah lebih awal.