POPULAR STORIES

Penting Diketahui, Ini Penyebab Knalpot Motor Nembak

Penting Diketahui, Ini Penyebab Knalpot Motor Nembak Knalpot motor terkadang mengeluarkan suara menembak

KabarOto.com - Jika motor tidak mendapat perawatan yang benar, banyak masalah yang akan terjadi. Salah satunya adalah knalpot mengeluarkan suara menembak yang keras, saat pertama kali dinyalakan juga saat melepas gas.

Suara yang keluar tersebut tentu akan menggangu orang-orang di sekitar dan pengguna jalan lainnya. Lalu apa yang menyebabkan knalpot mengeluarkan suara menembak? Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia mengungkapkan penyebab knalpot nembak.

Baca Juga: NGK Jadi Busi Resmi Balap Motor Di PON XX Papua

"Banyak penyebabnya yang pengaruhi knalpot nembak, salah satunya memang ada kontribusi di pembakaran atau pengapian," terang Diko kepada KabarOto beberapa waktu lalu. Backfire (istilah knalpot nembak) ini sedikit banyaknya menurut dia disebabkan, adanya campuran bahan bakar yang tidak seimbang.

"Karena bahan bakar yang tidak terbakar ngalir ke sistem pembuangan, kemudian terbakar akibat adanya udara panas di knalpot," tambahnya. Pembakaran tersebut menghasilkan bunyi letupan yang keras, atau bahkan api dari knalpot.

Diko menambahkan, percikan dari busi hanya dapat menyalakan campuran udara atau bahan bakar dalam jumlah tertentu, oleh karena itu bahan bakar yang berlebih akan keluar dari silinder.

"Penyebab lainnya dari backfire, biasanya disebabkan terlambatnya timing pengapian. "Waktu pengapian berubah dari biasanya," tambah dia lagi. Bisa jadi menurut dia, lebih cepat dari Before Top Dead Center (BTDC) atau sesudah BTDC.

Baca Juga: Mengenal Material Busi Motor Iridium Dan Ruthenium, Apa Keunggulannya?

"Sehingga api sedikit terlambat untuk mendorong piston naik turun bahkan ada api yang terdorong keluar lewat exhaust," jelas Diko. Jika terus dibiarkan seperti ini, busi bisa cepet overheat. "Segera cek sistem suplay bahan bakar dan sistem pengapian yang bermasalah," tutup Diko.

Pemilik motor harus segera membawanya ke bengkel terdekat untuk dilakukan pemeriksaan, dan pergantian komponen agar kondisi motor bisa kembali normal.