POPULAR STORIES

Jasa Marga Lakukan Simulasi Penanganan Terduga Corona Di Jalan Tol

Jasa Marga Lakukan Simulasi Penanganan Terduga Corona di Jalan Tol doc. Humas Jasa Marga

KabarOto.com - Pemerintah serta instansi terkait telah memberlakukan berbagai kebijakan terkait pencegahan serta penanganan virus Corona atau Covid-19. Kali ini (11/04) PT Jasa Marga (Persero) bersama petugas kepolisian menggelar simulasi penanganan covid-19 di jalan tol.

"Kegiatan ini guna memastikan keselamatan pengguna jalan dan petugas," kata Area Manager Tol Dalam Kota dan Sedyatmo, Agus Pramono.

Baca Juga: PSBB DKI Jakarta Berlaku, Jasa Marga Himbau Masyarakat Gunakan Masker

Simulasi digelar di dua lokasi yaitu Jalan Tol JORR Non S Km 54+100 yang sudah dilaksanakan (8/4), dilanjutkan keesokan harinya (9/4) di Jalan Tol Dalam Kota yaitu Gerbang Tol (GT) Cililitan.

Selama kegiatan simulasi berlangsung, peserta sudah dilengkapi dengan pedoman penanganan dengan sarana lengkap. Alat Perlindungan Diri (ADP) juga disiapkan seperti masker, sarung tangan, helm, sepatu khusus, serta alat penyemprot disinfektan.

Tak hanya mementingkan penanganan pasien terduga covid-19, keselamatan dan keamanan pengguna jalan serta keselamatan petugas juga menjadi hal penting.

Baca Juga: Hari Pertama PSBB, Puluhan Kendaraan Belum Terapkan Jarak Aman

"Jangan sampai kita justru malah membuat rantai penularan baru," pesan Agus pada petugas.

Dalam simulasi ini melibatkan petugas mobile customer service dan petugas medis, serta petugas Patroli Jalan Raya (PJR). Semua petugas dan kendaraan operasional harus memastikan petugas dan kendaraan dalam keadaan steril dari Covid-19, sehingga dapat mengantisipasi penularan kepada petugas lainnya.

Adanya simulasi ini diharapkan bisa menjadi latihan penanganan untuk petugas apabila ditemukan di jalan tol yang diduga terinfeksi covid-19.