POPULAR STORIES

Jelang F1 Inggris 2020: Jauh Dari Pole Position, Ferrari Atur Strategi

Jelang F1 Inggris 2020: Jauh dari Pole Position, Ferrari Atur Strategi

KabarOto.com - Tim Formula 1 Scuderia Ferrari sepertinya perlu berusaha keras di F1 Inggris 2020 yang digelar hari Minggu ini, (2/8). Sebab hasil kualifikasi terbaik hanya diraih Charles Leclerc dengan waktu 1:25,427 detik.

Pembalap muda Ferrari tersebut hanya berhasil sebagai empat tercepat di kualifikasi yang berlangsung hari Sabtu kemarin, (1/8). Leclerc terpaut 1,124 detik dari pemegang Pole Position, Lewis Hamilton (Petronas Mercedes-AMG).

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 Inggris 2020: Mercedes Mendominasi



Rekan setim Leclerc yakni Sebastian Vettel hanya bisa lajukan Ferrari SF90 dengan torehkan waktu 1:26,339 detik. Berada di posisi sepuluh terpaut 2,036 detik dari Hamilton.

Sporting Director Ferrari Laurent Mekies mengakui hasil ini sebagai langkah baik setelah alami hasil buruk pada awal musim. Pemilihan ban Leclerc memakai kompon Medium membuat posisinya bisa lebih baik.

Menyikapi hasil kualifikasi buruk Vettel, Laurent berkilah bahwa banyak masalah teknis dialami. Sehingga pembalap bernomor 5 tersebut tak bisa tampil baik saat sesi kualifikasi.



"Tentu saja kita tak bisa puas begitu saja dengan hasil ini, terutama jarak yang cukup jauh dengan Pole Position," ujar Laurent.

Dirinya mengakui perlu kerja keras tim agar di balapan nanti bisa memangkas selisih waktu. "Balapan akan lebih sulit, pembalap harus bisa mengatur pemakaian ban. Seperti biasa, tujuan kita adalah membawa pulang poin sebanyak mungkin."



Sedangkan Leclerc sepertinya pasrah dengan hasil yang diraih di kualifikasi. "Setidaknya lebih baik hasil kualifikasi ini dari yang kita harapkan."

Menanggapi kemampuan mobil bernomor 16 tersebut, Leclerc memastikan tak perlu lagi ubahan setelan, karena sudah puas dengan posisi empat. Hanya saja dirinya khawatir dengan kecepatan mobil saat balapan nanti, padahal tim sudah begadang memperbaiki mobilnya.

"Berharap bisa mengatur balapan dengan mengambil keuntungan dari pemilihan ban. Tak sabar ingin segera balapan untuk raih poin bagus," sahutnya.

Baca juga: Unek-unek Rifat Sungkar Tentang Modifikasi di Indonesia



Berbeda di raut wajah Vettel yang tak kelihatan puas dengan hasil. "Ini tak semestinya, karena alami kendala mendapatkan setelan mobil yang cocok, meskipun tak buruk. Sulit mendapatkan ritme di lintasan."

Sirkuit Silverstone yang kini memiliki panjang 5.891 meter akan menjadi catatan sejarah mungkinkah Ferrari tampil sebagai pemenang, karena sejauh ini Mercedes-AMG tak terkalahkan. Rencananya akan digelar 52 lap atau total 306 km lebih.