Jenson Button Akan Pensiun Dari Formula 1?

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 22 Sep 2015 - 10:03
Jenson Button Akan Pensiun Dari Formula 1?
Ron Denis dan Jenson Button saling komunikasi mengenai dirinya yang ingin mundur (Foto: telegraph.co.uk)

Juara dunia Formula 1, 2009, Jenson Button berencana mengumumkan pengunduran dirinya dari ajang balap jet darat tahun depan setelah memburuknya prestasi McLaren di musim balap tahun ini karena faktor mobil yang tidak kompetitif.

Berdasarkan berita yang dikutip dari situs telegraph.co.uk, dilain kesempatan, pebalap asal Inggris tersebut juga dikabarkan tengah bernegosiasi dengan Porsche mengenai keterlibatannya dalam balap ketahanan mobil FIA-WEC tahun depan dan juga diperkirakan akan menjadi rekan Chris Evans sebagai pemandu acara televisi BBC Top Gear dalam format yang baru.

Bila melihat dari awal musim 2015, alasan pengunduran diri Button cukup masuk akal. Kembalinya Honda ke kancah Formula 1 bersama McLaren tahun ini masih belum dapat memberikan prestasi baik kepada McLaren karena sejumlah masalah mesin yang mendera, apalagi bila mengingat gap teknologi mesin F1 yang cukup jauh setelah Honda keluar dari F1 tahun 2008 seperti diakui oleh Yasuhisa Arai, kepala divisi motorsport Honda beberapa waktu lalu. Prestasi Button terbak tahun ini juga mengecewakan dirinya sendiri karena hanya dapat meraih poin di Monako dan Hungaria, sedangkan ia mengalami gagal finish sebanyak 6 kali balapan dari 13 balapan yang telah berlangsung tahun ini.

Bila memang benar bahwa Jenson Button Akan pensiun di akhir tahun 2015 ini, kemungkinan besar posisinya akan digantikan oleh Kevin Magussen atau Stoffel Vandoorne apabila McLaren belum mendapatkan pebalap yang lebih senior untuk mendampingi Fernando Alonso. Sementara itu, biarkan waktu yang akan membuktikannya hingga musim balap Formula 1 tahun 2015 berakhir.

Baca Juga: