POPULAR STORIES

Johan Cruijff Arena Pakai Baterai Nissan Leaf Sebagai Sumber Tenaga

Johan Cruijff Arena Pakai Baterai Nissan Leaf Sebagai Sumber Tenaga Johan Cruijff Arena (dok. Nissan)

KabarOto.com - Sebuah terobosan baru dilakukan kepada stadion Johan Cruijff Arena yang diketahui menjadi stadion pertama yang menggunakan tenaga listrik yang berasal dari baterai mobil. Tercatat, stadion yang merupakan markas dari klub Ajax Amsterdam tersebut menggunakan sebanyak 148 baterai dari Nissan Leaf.

Baterai yang digunakan untuk stadion tersebut memiliki daya total sebesar 2,8 MWh. Seluruh baterai yang ada tersebut akan menyimpan energi yang didapatkan dari 4.200 panel surya yang terpasang di atap stadion.

Baca juga: Wah, Nissan Micra Disulap Menjadi Sebuah Akuarium

Dengan terobosan yang dilakukan tersebut, alhasil membuat stadion ini pun menjadi yang paling canggih saat ini. Seluruh baterai yang terpasang tersebut disumbang oleh Nissan dengan komposisi, 85 baterai baru dan 63 baterai bekas yang juga digunakan pada Nissan Leaf.

Johan Cruijff Arena

Untuk mensukseskan proyek besar ini, tercatat turut melibatkan Amsterdam Climate and Energy Fund (AKEF) yang turut bekerja sama dengan Nissan, Eaton, BAM, The Mobility House dan pihak pengelola stadion.

"Sistem ini bisa menggunakan energi terbarukan yang dimilikinya dengan cerdas. Stadion ini jadi yang terdepan dalam mengenalkan inovasi pintar," ujar Henk van Raan, Direktur Inovasi Stadion.

Baterai yang digunakan pada Johan Cruijff Arena mampu bertahan hingga 10 tahun dan setelahnya kapasitas akan turun sekira 80 persen. Dengan kata lain, baterai-baterai ini perlu diganti. Meski begitu, kapasitas 80 persen baterai masih cukup ideal untuk digunakan.