POPULAR STORIES

Jok Fabric Kotor? Begini Cara Membersihkannya Di Rumah

Jok Fabric Kotor? Begini Cara Membersihkannya di Rumah

KabarOto.com – Masih banyak pabrikan mobil menggunakan bahan fabric untuk pembungkus jok mobil. Memang ada beberapa kelebihan bahan jenis ini dibanding kulit atau sintetis, selain lebih adem ketika mobil habis dijemur, fabric juga lebih lembut dan empuk ketika diduduki.

Namun terdapat kekurangan, yakni bahan ini jauh lebih cepat kotor ketimbang bahan kulit. Lalu bagaimana cara membersihkan jok fabric yang benar? Ini tips dari KabarOto.

“Kalau tidak mau repot dan tidak punya waktu banyak, sekarang sudah banyak interior cleaner khusus yang dijual di pasaran. Sehingga pembersihan lebih mudah dilakukan untuk jok bahan fabric,” ujar Tommy owner DressUp Autodetailer.

Baca Juga : Simpel Banget, Rawat Rem Kendaraanmu Saat WFH

Tapi kalau kalian tidak punya interior cleaner, bisa dengan cara vacuum jika untuk noda kering atau pakai kain plaschamois jika kotorannya bersifat cairan. “Kalau kotoran seperti debu atau berpasir biasanya dapat dibersihkan dengan vacuum. Tapi kalau noda tersebut sudah agak masuk ke pori-pori jok bisa ditepuk-tepuk terlebih dulu agar kotoran keluar,” ujar pria ramah itu.

Baca Juga : Merawat Mobil Saat #dirumahaja Semakin Mudah Dengan Ini

Perlakuan berbeda dapat diterapkan pada kasus noda cair, “Misalnya saja kasus paling sering terjadi ketumpahan susu, biasanya yang punya anak kecil kan. Nah caranya harus dengan plaschamois lembab, tekan-tekan hingga noda keluar dan disapukan. Lakukan beberapa kali hingga bersih, lalu tinggal dikeringkan saja,” jelasnya.