POPULAR STORIES

Jokowi Pakai Toyota Land Cruiser 200 Untuk Tinjau Ibu Kota Baru

Jokowi Pakai Toyota Land Cruiser 200 Untuk Tinjau Ibu Kota Baru

KabarOto.com – Presiden Joko Widodo baru-baru sedang berkunjung ke Kalimantan Timur, untuk meninjau lokasi calon ibu kota baru, sekaligus meresmikan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi Samboja-Samarinda.

Ketika melakukan peninjauan, Jokowi terlihat menaiki sebuah Toyota Land Cruiser 200 baru. Rute berliku yang cukup berat, ditambah cuaca saat itu hujan, menyulitkan akses untuk memasuki kedalam kawasan perbukitan, oleh karena itu dipilih Land Cruiser demi melibas medan tersebut.

Mobil dimensi besar tersebut masih terlihat eksklusif dan kekar melibas rute itu. Desain baru Land Cruiser punya model sedikit mengotak, namun tetap mengusung fitur canggih zaman sekarang seperti lampu dual projector headlamp, DRL LED, serta penambahan foglamp.

Baca juga: Ini Tipe Harley-Davidson Yang Sempat Viral Menewaskan Seorang Nenek Di Bogor

Ground clearance tinggi juga memudahkan akses jalanan rusak jadi lebih mudah, yakni 230 mm. Lengkap dengan pelek ukuran 18 inci, berbalut ban ukuran 285/65 R18 untuk 200 biasa. Dan kalau full spec mendapat pelek 20 inci, serta ban 285/50 R20. Selain itu, suspensinya menggunakan perpaduan depan Double Wishbone, 4 Link Coil Rigid dengan Lateral Rod dan KDSS (Kinetic Dynamic Suspension System), sehingga akan memberikan handling dan kenyamanan walau melibas meda berat sekalipun.

Mesin mobil ini juga tidak main-main loh, yakni berkode 1VD-FTV, konfigurasi V8, DOHC, Diesel berteknologi commonrail, dengan kapasitas 4.461 cc. Tenaganya juga cukup besar yakni 235 dk dan torsi maksimal sekitar 615 Nm. Lantas tenaga tersebut disalurkan lewat 6 Speed A/T Triptonic disalurkan ke 4 roda, lengkap pengaturan gigi garden.

Masuk ke kabin, fitur hiburan cukup lengkap dengan headunit mencakup pemutar musik, radio, navigasi, AC auto climate, mode berkendara, wireless charging, speedometer full colour, bahan kulit dan sebagainya, demi memanjakan pengemudi dan penumpang.

Fitur keselamatannya juga sangat lengkap, apa lagi tipe Full Spec ABS, EBD, BA, VSC, hill start assist, Multi Terrain System, Crawl Control, Active Traction Control, 9 airbag, dan masih banyak lagi.

Soal harganya, tipe standar dibanderol sekitar Rp 2,059 miliar, sementara tipe dengan spesifikasi tinggi dibanderol Rp 2,395 miliar.