POPULAR STORIES

Juara ATC 2023, Veda Ega Pratama Bakal Berlaga Di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2024

Juara ATC 2023, Veda Ega Pratama Bakal Berlaga di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2024 Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama (IATC)

KabarOto.com - Kabar baik datang dari pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama. Veda Ega 'naik kelas' ke level balap Eropa dengan mengikuti Red Bull MotoGP Rookies Cup 2024.

Hal itu didapat setelah Veda Ega menjadi juara di Asia Talent Cup (ATC) 2023 dan finis ketiga di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 kelas Asia Production 250 (AP250).

Baca Juga: AHRT Siap Kunci Gelar Juara IATC 2023

Veda Ega naik kelas ke ajang yang semakin mendekatkan dirinya di MotoGP bersama pembalap asal Thailand Jakkreephat Phuettisan sebagai pembalap pilihan dari Dorna Sports.

“Pembalap Indonesia dan Thailand akan mengambil langkah selanjutnya di jalan menuju MotoGP sebagai pembalap pilihan Dorna di Rookies, yaitu Veda Pratama dan Jakkreephat Phuettisan. Mereka akan berlaga di Red Bull MotoGP Rookies Cup musim depan,” tulis ATC di laman resminya.

Pembalap asal Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu menjadi juara dengan catatan dua rekor fantastis yakni jumlah kemenangan terbanyak yaitu sembilan kemenangan dan poin terbanyak dengan 256 poin, mengungguli runner up Moto3 tahun ini Ayumu Sasaki pada 2015.

Untuk ARRC 2023 kelas AP250, Veda Ega berhasil meraih posisi tiga besar dengan 160 poin. Nantinya, Veda akan mengendarai motor KTM pada ajang Red Bull Rookies Cup 2024.

Musim lalu, Veda Ega membuat dampak yang signifikan di tahun rookie-nya di ATC. Meskipun mengalami beberapa cedera, ia memenangkan sejumlah balapan untuk mengakhiri musim dengan momentum yang serius.

“Setelah memulai 2023 sebagai favorit, momentum itu terus tumbuh saat ia meraih sembilan kemenangan dari kemungkinan 12 kemenangan musim ini, meraih gelar juara dengan waktu tersisa,” lanjut pernyataan resmi tersebut.

Baca Juga: Para Pembalap AHRT Dominasi Balap ARRC China 2023

Red Bull Rookies Cup 2024 akan digelar sebanyak tujuh seri yang dilangsungkan di lima negara yaitu di Sirkuit Jerez (Spanyol), Sirkuit Le Mans (Prancis), Sirkuit Mugello (Italia), Sirkuit Assen (Belanda), Sirkuit Spielberg (Austria), Sirkuit Aragon (Spanyol), dan Sirkuit Misano (Italia).