POPULAR STORIES

Jumlah Pembalap MotoGP 2019 Terancam Berkurang

Jumlah Pembalap MotoGP 2019 Terancam Berkurang MotoGP 2018 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images AsiaPac)

KabarOto.com- Jatah pebalap untuk ajang MotoGP 2019 diprediksi akan mengalami penurunan 2 slot, dari yang sebelumnya 24 rider menjadi 22 rider. Belum jelasnya tim satelit Yamaha dan masalah internal di dalam tim Marc VDS menjadi salah satu penyebabnya.

Sempat beredar kabar jika Yamaha ingin menggandeng Marc VDS sebagai tim satelit. Namun rencana itu kemungkinan tidak akan terwujud karena masalah internal Marc VDS.

Marc VDS yang selama ini bekerja dibawah naungan Honda sebagai tim satelit tengah bermasalah karena terjadi pertikaian antara Bos tim Marc VDS, Michael Barthelomy dan sang pemilik, Michael van der Stratern. Dari masalah tersebut membuat Barthelomy keluar dari tim.

Baca Juga: Meriahkan Piala Dunia 2018, Marquez dan Pedrosa Main Sepakbola

Salah satu opsi yang dimiliki Yamaha saat ini adalah membentuk tim satelit baru dengan dukungan sponsor dari Petronas dan Sirkuit Sepang Malaysia.

Perihal proyek yang didukung Petronas sendiri ada beberapa kemungkinan berbeda. Yakni, bekerja sama dengan tim satelit Ducati, Angel Nieto, atau berdiri sendiri dengan membeli aset Marc VDS.

Baca Juga: Tim MotoGP Ducati Pajang Logo Ferrari di Motornya, Ada Apa?

"Situasinya saat ini belum terkonfirmasi, tapi saya bisa bilang pembicaraan sedang berjalan sangat baik," jawab bos tim Yamaha MotoGP Lin Jarvis soal perkembangan tim satelit Yamaha, dilansir Motorsport, Minggu (24/06).

Lin menambahkan pihaknya optimis akan menemukan solusi yang baik, semoga dalam beberapa minggu ke depan ada berita positif tentang rencana untuk 2019 dan seterusnya.

Untuk jatah slot pembalap, Yamaha dikabarkan mengincar nama Dani Pedrosa yang kontraknya bersama Repsol Honda habis musim depan dan Franco Morbidelli dari tim Marc VDS.