POPULAR STORIES

Jurus Jitu Suzuki Hadapi Pandemik Covid-19 Dan Masa Recovery

Jurus Jitu Suzuki Hadapi Pandemik Covid-19 dan Masa Recovery Produk Suzuki yang siap diekspor

KabarOto.com - Industri otomotif di Indonesia mengalami penurunan karena pandemik Covid-19. Sejak April hingga Mei 2020, penjualan mobil dan motor mengalami penurunan drastis.

Namun, pada Juni sampai Agustus 2020 lalu, penjualan perlahan sudah menunjukkan angka positif.

Baca Juga: Digunakan Customer Fleet, Harga Suzuki Carry Blind Van Dan Mini Bus Di Atas Rp200 Jutaan

Pabrikan otomotif di Indonesia memprediksi, sampai akhir tahun angkanya tidak akan terlalu naik. Pemerintah pun, melalui menteri Perindustrian mengusulkan untuk tidak mengenakan pajak bagi mobil-mobil baru, namun ini baru sebatas usulan saja.

Agar harga mobil bisa murah, dan terjangkau oleh masyarakat. Jika memang hal itu terwujud, maka kemungkinan pasar akan naik, dan industri otomotif diharapkan akan bergairah kembali di penghujung tahun 2020.

Lalu bagaimana untuk tahun 2021 mendatang di masa recovery?

Donny Saputra, Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, pasar mobil tahun 2021 yang berkaitan dengan pandemik, mereka punya perhitungan dan studi sendiri.

“Kami melihat, bagaimana pandemik ini ditangani, dan bagaimana pandemik ini akan berakhir,” terangnya dalam obrolan secara virtual dengan media beberapa waktu lalu.

PT SIS akan melihat beberapa perhitungan dengan hati-hati, agresif dan masuk akal, seperti apa pasar tahun depan.

Baca Juga: Sudah 50 Tahun Hadir Di Indonesia, Lokal Konten Suzuki Hampir 85 Persen

Suzuki carry Pikap terlaris sepanjang tahun 2020


Sementara itu, tahun 2020 ini masih menurut Donny, meski pasar turun, Suzuki berhasil mencatatakan angka yang cukup baik. Secara nasional, penjualan ritel periode Januari-Agustus 2019 year-on-year (YoY) 9,82%, tahun ini di periode yang sama naik 2,6% menjadi 12,42%.

Tumbuhnya pasar Suzuki bukan dari mobil penumpang, tapi kendaraan niaga ringan, New Carry pikap. Mobil yang banyak digunakan oleh UMKM ini berkontribus 53% dari penjualan ritel Suzuki secara nasional, atau mencapai 23.856 unit.

Bahkan, pada Agustus lalu, mobil ini menjadi salah satu yang terlaris, penjualan ritelnya mencapai 3.111 unit. Untuk pangsa pasar low pikap mencatatkan angka sebesar 66%

Tak gentar menghadapi pandemik, Suzuki pun terus berinovasi untuk meningkatkan jualan dan membuktikan eksistensinya. Mereka ikut serta dalam Inonesia Modification Expo 2020 yang digelar 10 Oktober 2020. ksistensi yang dimaksud memberikan super giveaway, berupa Suzuki Ignis yang sudah dimodifikasi Garasi Drift kepada pengunjung terpilih.

Baca Juga: Suzuki Masih Andalkan Carry Untuk Jualan Di Masa Pandemik

Suzuki juga memperkenalkan Karimun Wagon R limited edition. Mobil ini diluncurkan bertepatan dengan 50 tahun Suzuki di Indonesia. "Ini menjadi peluncuran pamungkas tahun 2020, ya untuk meningkatkan jualan," tegas Donny.