POPULAR STORIES

Kabar Duka, Kenjiro Shinozuka Meninggal Dunia Pada Usia 75 Tahun

Kabar Duka, Kenjiro Shinozuka Meninggal Dunia Pada Usia 75 tahun Foto : Japanese Nostalgic Car / Mitsubishi Motors.

KabarOto.com - Legenda reli yang sudah menjajal berbagai macam balap reli Internasional asal Jepang, Kenjiro Shinozuka, meninggal dunia pada usia 75 tahun karena menderita kanker pankreas.

Pria yang lahir di Tokyo itu menjadi salah satu pembalap reli yang menang di kejuaraan reli duni seperti WRC dan Dakar. Shinozuka memulai karir WRC pada tahun 1976 dan berakhir dengan penampilan terakhirnya di Australia pada tahun 1997.

Baca Juga: Intip Teknologi Anti Bocor Pada Ban Motor di Reli Dakar

Dirinya meraih kesuksesan perdana saat balapan sebagai pengemudi pabrik Mitsubishi. Pada tahun 1988, Shinozuka memenangkan kejuaraan Asia-Pasifik bersama co-driver Fred Gocentas. Pasangan ini merebut gelar dengan mencetak satu-satunya kemenangan reli di India pada Reli Himalaya, dengan mengendarai Mitsubishi Galant VR-4.

Lalu pada 1991 ketika Shinozuka dan co-driver John Meadows bersaing di WRC dengan membawa Galant VR-4, dan meraih kemenangan di putaran WRC Pantai Gading, merupakan satu dari dua kemenangan WRC. Pada kesempatan ini pembalap Jepang mengklaim kemenangan pertama, dan kedua di tahun berikutnya.

Baca Juga : Selama Reli Dakar, Apa Saja Peralatan Dan Komponen Di Truk Peserta?

Selain WRC, Shinozuka juga sempat bersaing di Dakar tercatat dirinya ua kali finis di tempat ketiga terjadi pada tahun 1992 dan 1995, sebelum mengklaim kemenangan langsung pada tahun 1997, serta podium kedua pada tahun 1998, dan ketiga pada 2002 mengendarai Mitsubishi Pajero.

Nama Kenjiro Shinozuka pun dilantik ke dalam hall of fame Otomotif Jepang pada 2022, dan tahun lalu menjadi bagian dari tim keselamatan WRC di Reli Jepang.