POPULAR STORIES

Selama Reli Dakar, Apa Saja Peralatan Dan Komponen Di Truk Peserta?

Selama Reli Dakar, Apa Saja Peralatan dan Komponen di Truk Peserta? Foto : Red Bull Rally.

KabarOto.com - Di dalam sebuah truk balap Dakar memiliki berbagai komponen yang menjadi penunjang balapan. Baik itu dari aspek keselamatan, suku cadang, peralatan pembantu dan sebagainya. Lalu apa saja umumnya yang ada di sebuah truk Dakar?

Dari kokpit, dapat ditemukan di kabin yakni kamera untuk kebutuhan pengambilan gambar, dan alasan keselamatan. Jok balap untuk 3 penumpang, lengkap sabuk pengaman, setir balap, GPS dan sebagainya.

Baca Juga : Reli Dakar Kelas Truk Perlu 3 Awak, Bagaimana Perannya?

Selain itu truk Dakar memiliki tiga tangki bensin yang mampu mengangkut sekitar 900 liter solar. Kok banyak banget? Sebab truk tersebut punya konsumsi sangat boros sekitar 1 liter solar per kilometer, bahkan jika di pasir sekitar 2 liter per kilometer.

Setiap truk membawa dua ban cadangan, dan masing-masing ban memiliki berat 150 kg. Sementara di bagian kargo dipenuhi dengan suku cadang dan peralatan, siap untuk segala perbaikan yang diperlukan, mulai dari kompresor hidrolik untuk pembuka baut atau impact wrench, hingga dongkrak pneumatik.

Baca Juga : Begini Cara Mengganti Ban Truk Reli Dakar Hanya 5 Menit Kurang

Selain itu para kru terkadang menyimpan tenda, cadangan air, generator diesel, makanan, perlengkapan medis, meja, kursi dan sebagainya untuk bisa tinggal sementara.

Sebuah truk diperbolehkan untuk saling membantu tetapi tidak boleh kendaraan yang sedang balapan. Sebagian besar tim besar memiliki truk servis pendukung. Truk servis tidak berkompetisi dalam perlombaan, tetapi memberikan dukungan mekanis kepada rekan satu timnya saja.