POPULAR STORIES

Begini Cara Mengganti Ban Truk Reli Dakar Hanya 5 Menit Kurang

Begini Cara Mengganti Ban Truk Reli Dakar Hanya 5 Menit Kurang Foto : Red Bull Rally.

KabarOto.com - Reli Dakar mempertandingkan berbagai kelas, salah satunya ada truk. Dalam balapan, kategori truk ini membutuhkan 3 awak utama sebagai pembalap, navigator, dan mekanik untuk bantuan saat terjadi masalah. Hal paling sering terjadi adalah kebocoran ban, namun bagaimana cara ketiga awak ini menyelesaikannya dalam waktu singkat?

Langkah pertama yang dilakukan adalah truk harus keluar dari jalan, mencari tempat aman tidak dilalui pembalap lain, dan mematikan mesin. Semua awak turun untuk mempersiapan penggantian ban.

Baca Juga : Menilik Spesifikasi Calon Motor Juara Dakar 2024, Honda CRF450 Rally Monster Energy Honda

Satu orang akan membuka panel samping, dan mengambil dongkrak hidrolik, dan meletakkannya di bawah truk. Satu orang lainnya akan mengambil impact wrench, dan mengendorkan mur roda berjumlah biasanya 12 buah.

Sementara satu orang lainnya melepaskan pengikat ban serep, dan menurunkan ban dari truk. Setelah Ban dilepas, dua awak akan membantu memasangkannya, sementara satu awak mengencangkan mur roda, setelah itu ada satu orang melepaskan dongkrak.

Baca Juga : Ini Audi RS Q E-tron E2 Tunggangan Carlos Sainz Di Reli Dakar 2024

Setelah semua semua mur terpasang sempurna, dongkrak akan diturunkan. Setiap awak akan bertugas untuk menyusun kembali barang bawaan, namun menaikkan ban kembali ke tempatnya butuh kerja sama 3 orang sebab bobot 1 ban bisa 150 kg, merapikan kabel hidrolik, dan menutup panel samping. Setelah itu truk siap balapan lagi, semua itu dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit.