POPULAR STORIES

Reli Dakar Kelas Truk Perlu 3 Awak, Bagaimana Perannya?

Reli Dakar Kelas Truk Perlu 3 Awak, Bagaimana Perannya? Foto : Boss Machinery Dakar.

KabarOto.com - Tidak seperti balapan reli pada umumnya yang biasanya dalam satu mobil ada 2 awak, untuk kelas truk di reli Dakar memiliki tiga awak, lalu apa sih fungsinya orang ketiga itu? Yuk kita bahas.

Kelas truk pertama kali dijalankan sendiri adalah pada tahun 1980, yaitu kelas T4. Lalu ada 3 awak saat balapan, perannya sendiri mengisi pengemudi, navigator, dan mekanik.

Dalam peraturan Dakar mengatakan bahwa untuk sebagai pembalap siapa pun boleh mengikuti balapan. Akan lebih baik jika Anda setidaknya berusia 18 tahun, dan tidak perlu menjadi juara atau berprestasi.

Baca Juga : Ini Audi RS Q E-tron E2 Tunggangan Carlos Sainz Di Reli Dakar 2024

Sementara menjadi navigasi di Dakar sangat ketat dan membutuhkan navigator yang sangat berpengalaman. Berbeda dengan sistem navigasi konvensional, di Dakar, seorang navigator hanya dapat menggunakan roadbook atau buku peta, Trip Master, dan kompas GPS. Navigator perlu memahami geografi dan kartografi, sehingga ibaratnya navigator jadi mata pengemudi dan memaparkan jalan serta kondisinya dalam rangkaian kalimat perintah singkat.

Baca Juga : Menilik Spesifikasi Calon Motor Juara Dakar 2024, Honda CRF450 Rally Monster Energy Honda

Lalu anggota ketiga dan tidak kalah penting adalah mekanik, yang bertugas sepanjang waktu untuk memastikan setiap bagian mobil diganti dengan cepat, dan tanpa masalah. Asal kalian tahu, mekanik Dakar hampir tidak bisa tidur, mungkin pengemudi dan navigator dapat tidur di bivak, tetapi mekanik terkadang bekerja sepanjang malam agar mobil siap digunakan ketika pembalap dan navigator sudah bangun, dan melanjutkan balapan.