POPULAR STORIES

Kaleidoskop Sepeda Motor Konvensional Dan Listrik Yang Meluncur Sepanjang Tahun 2023

Kaleidoskop Sepeda Motor Konvensional dan Listrik yang Meluncur Sepanjang Tahun 2023 Kaleidoskop Sepeda Motor Konvensional dan Listrik yang Meluncur Sepanjang Tahun 2023 (Kipli)

KabarOto.com - Industri roda dua terbilang menggeliat tahun 2023. Deretan sepeda motor baru meluncur dari berbagai pabrikan otomotif yang terdiri dari penggerak internal combustion chamber maupun elektrik. Berikut KabarOto rangkum roda dua yang meluncur sepanjang Januari hingga Desember 2023.

Yamaha Grand Filano

Yamaha Grand Filano resmi diluncurkan pada pada 17 Januari 2023. Sepeda motor matik ini merupakan produk kedua di kelas Classy Yamaha yang menyusul setelah Fazzio yang hadir lebih dulu.

Secara tampilan dari tampilan, harga serta fitur yang diusung, posisinya berada di atas Fazzio. Filano juga menawarkan dua varian, Neo punya tampilan warna glossy dan Lux Connected dengan warna matte.

Saat pertama kali dirilis, dibanderol Rp 27,5 juta untuk Lux Connected dan Rp 27 juta buat versi Neo.

Honda XL750 Transalp

Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan New Honda XL750 Transalp pada Juni 2023 lalu, yang hadir dengan tiga varian warna. Hadir sebagai motor petualang dan performa tinggi, motor ini dijual seharga Rp 330,5 jutaan.

Dengan harga tersebut motor ini dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk teknologi Throttle by Wire guna mengatur tingkat presisi tenaga yang dikeluarkan serta 5 pilihan mode berkendara yakni Gravel, Sport, Rain, Standard, untuk dapat disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Urusan dapur pacunya, XL750 Transalp menggendong mesin 755cc SOHC berpendingin cairan dengan 4 katup unicam head dan mampu menghasilkan tenaga maksimal 91,7 dk pada 9.500 rpm dan torsi puncak mencapai 75 Nm pada 7.250 rpm.

Baca Juga: 3 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Sobat Wanita Ingin Beli Mobil

Suzuki Burgman Street 125 EX

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda 2 akhirna menambahkan line motor matic mereka setelah kedatangan Burgman Street 125 EX di pameran Indonesia Motorcycles Show (IMOS) 2023.

Unit yang dijual di Indonesia adalah hasil impor utuh dari India alias CBU (Completely Built Up). Motor ini hanya tersedia satu varian saja dan dijual Rp 24,7 juta OTR Jakarta.

Burgman Street 125 EX menggendong mesin 1 silinder, 4-tak, SOHC, pendingin udara, berkapasitas 125 cc dengan teknologi Injection Suzuki Eco Performance Alpha. Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal 8,4 dk pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10 Nm pada putaran 5.000 rpm.

Vespa GTV 300

PT Piaggio Indonesia meluncurkan Vespa GTV 300 yang diperuntukkan untuk menggantikan versi Sei Giorni II. Vespa GTV memiliki ciri khas paling mencolok tampak dari desain retro khas Vespa yang mengusung gaya ‘Faro Basso’ (lights down), atau lampu utama menempel di sepatbor depan.

Secara tampilan tentu mengadopsi Vespa yang pernah mengikuti lomba balap ketahanan Sei Giorni Internazionale di Italia pada 1951. Motor matik ini, dibanderol Rp 176 juta on the road (OTR) Jakarta dan hanya tersedia satu pilihan warna, yaitu Baige Sabbia.

Scomadi

Scomadi resmi mengaspal di Indonesia pada gelaran IMOS+ 2023. Ia merupakan merek baru asal Inggris yang mengisi segmen skuter retro.

Pada pameran otomotif tersebut, Scomadi membawa beberapa modelnya seperti Technica 200, Turismo Technica 200i, Technica 200i Adventure, Technica 200i Urban, Turismo Technica 200w, Turismo Technica 200w 'The Who'.

Secara tampilan, motor ini mengusung gaya retro ala produk dari Lambretta. Terlebih bagian sepatbor depan yang tetap lurus saat setang dibelokkan serta bodi belakangnya.

Varian yang dijual di Indonesia ada 5 dengan dua pilihan mesin. Paling tinggi, Turismo Technica 200w yang pakai mesin 181,1 cc dengan konstruksi kepala silinder DOHC 4 klep radiator. Sedang varian lainnya pakai mesin 171,1 cc SOHC 2 klep berpendingin udara. Skutik tersebut dibanderol mulai Rp 79 - 99 juta.

Baca Juga: Kaleidoskop Motorsport Global Selama Tahun 2023, Simak Masing-masing Juaranya

Kawasaki Eliminator

PT Kawasaki Motor Indonesia resmi menghadirkan New Eliminator yang cocok untuk penggemar Street Cruiser. Hadir dengan bodi yang ramping dan ringan, motor satu ini diklaim memiliki handling yang sangat baik.

Terdapat beberapa fitur menarik yang disematkan, seperti instrument digital dengan tachometer dan posisi transmisi, kemudian koneksi smartphone, dan juga fitur Assist dan Slipper Clutch.

New Eliminator dibekali dengan mesin berpendingin cairan, 4-langkah parallel twin dengan kapasitas 451 cc.

Mesin tersebut diklaim bertenaga 50 dk pada 10.000 rpm dan torsi 42,6 Nm pada 7.500 rpm, soal harga, motor ini dibanderol Rp 169,9 jutaan OTR Jakarta.

Honda EM1 e: & EM1 e: Plus

Sepeda motor listrik Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus memiliki performa yang dihasilkan oleh motor penggerak dengan tenaga maksimal 1,7 kW. Dukungan baterai MPP e: yang dapat dilepas-pasang (detachable) turut memberikan kemudahan konsumen.

Dalam melakukan pengisian daya baterai, konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan klaim waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100% selain itu konsumen juga dapat mengunjungi Honda Power Pack Exchanger e: untuk menukar baterai yang telah terisi penuh.

Baterai MPP e: memiliki perlindungan IP65 yang klaimnya membuat baterai ini tahan dari debu dan siraman air dari segala arah, serta memiliki standarisasi internasional UNR 136 sehingga memastikan jaminan kualitas dan keamanan baterai MPP e:. Masing-masing skuter listrik tersebut dibanderol Rp 33 juta & Rp Rp 33,5 juta.

Baca juga: Yuk, Kenalan Dengan 4 Jenis Standar Sepeda Motor

Kawasaki Ninja E-1 & Ninja Z E-1

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi memasarkan 2 motor sport listrik terbarunya, yakni Ninja e-1 dan Z e-1. Keduanya merupakan motor berstatus CBU yang didatangkan langsung dari jepang dengan harga Rp 146,9 juta untuk versi naked dan Rp 149,9 juta untuk versi fairing.

Motor listriknya mampu menyalurkan tenaga sebesar 5,0 kW (maksimal 9,0 kW). Selain pengoperasian normal (Road), pengendara juga dapat memilih pengoperasian kecepatan yang terbatas (Eco).

Kecepatan tertinggi dalam Mode Road adalah 88 kpj (Ninja e-1) dan 85 kpj (Z e-1), sedangkan kecepatan tertinggi dalam Mode Eco dibatasi hingga 64 kpj (Ninja e-1) dan 62 kpj (Z e-1).

Dengan e-boost, pengendara dapat mengakses peningkatan tenaga selama kurang lebih 15 detik. Saat diaktifkan, akselerasi menjadi lebih cepat, dari 64 kpj menjadi 75 kpj (Eco, 88 kpj menjadi 105 kpj (Road) untuk Ninja e-1. Sedangkan untuk Z e-1 adalah 62 kpj menjadi 72 kpj (Eco), 85 kpj menjadi 101 kpj (Road).

Adapun 2 baterai lithium-ion yang dapat dilepas dan digunakan. Setiap baterai berbobot 11,5 kg. Baterai terletak di bawah box penyimpanan, dipasang secara paralel. Pengisian daya baterai rata-rata 3,7 – 4 jam untuk full charge dan 1,6 – 2 jam untuk pengisian daya kurang lebih 20% - 85%.