POPULAR STORIES

Kawal Asian Games 2018, Jasa Marga Rilis Kebijakan Baru

Kawal Asian Games 2018, Jasa Marga Rilis Kebijakan Baru Ruas Tol Jasa Marga (istimewa)

KabarOto.com - Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan pesta olahraga Asian Games 2018, PT Jasa Marga (Persero) mengimplementasikan paket kebijakan baru di beberapa ruas jalan tol. Implementasi paket kebijakan tersebut mencakup manajemen lalu lintas, memberikan prioritas di Gerbang Tol (GT) hingga beautifikasi jalan tol.

Dwimawan Heru, AVP Corporate Communications PT Jasa Marga mengungkapkan, "Untuk menjamin kelancaran perjalanan rombongan Asian Games saat melintas di jalan tol melalui koordinasi dengan pihak kepolisian, Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan setempat maka dilakukan manajemen lalu lintas, prioritas lalu lintas di lajur utama jalan tol dan GT," ujarnya.

Baca juga: Tampil Di Asian Games, Anggun C Sasmi Bawa Ferrari

Jasa Marga Asian Games 2018

Adapun implementasi lalu lintas yang dimaksud meliputi:

• Buka/tutup GT prioritas dan akses masuk jalan tol sesuai kebutuhan antara lain adalah Tol Ruas Dalam Kota (GT Angke 2, GT Tanjung Duren, off ramp RS Harapan Kita, GT Slipi 2, GT Slipi 1, GT Jelambar 1, GT Angke 1), Tol Ruas Jagorawi (on ramp TMII arah Bogor, GT TMII 2), Tol Ruas Jakata-Cikampek (GT Cikampek), Ruas Tol Cipularang (GT Sadang).

• Menyediakan lajur khusus di jalan tol untuk rombongan Asian Games.

• Memberikan Prioritas GT yang dilintasi antara lain Tol Ruas Dalam Kota dan Soedijatmo (GT Senayan, GT Cengkareng), Tol Ruas Jagorawi (GT TMII, GT Cibubur, GT Sentul Selatan, GT Ciawi), Tol Ruas Jakarta-Cikampek (GT Bekasi Barat, GT Cibatu), Tol Ruas Cipularang-Padaleunyi (GT Pasteur, GT Pasir Koja, GT Buah Batu) dan Tol Ruas Palikanci (GT Plumbon).

Jasa Marga Asian Games 2018

Penyampaian informasi dalam rangka menyambut rombongan atlet Asian Games juga ditampilkan melalui VMS yang ada di jalan tol.

Tidak hanya sebatas buka-tutup gerbang tol, kontribusi Jasa Marga dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 lainnya adalah beautifikasi. Beautifikasi jalan tol dilakukan pada Jalan Tol Ruas Dalam Kota, Soedijatmo, Jakarta-Cikampek (GT Bekasi Barat), dan Padaleunyi (GT Pasteur).

Lingkup pekerjaan beautifikasi dalam rangka menyambut Asian Games 2018 sendiri mencakup pemasangan branding Asian Games (3D Pictogram/Sticker/Banner Asian Games) pada Gerbang Tol, JPO dan area wilayah Jalan Tol; peningkatan estetika di Gerbang Tol, Overpass dan flyover; pembersihan rambu; pengecatan marka jalan, guardrail, pagar, parapet dan kanstin; landscape; dan penataan area pemukiman kumuh di koridor jalan tol hingga perapihan kabel-kabel utilitas.

Jasa Marga Asian Games 2018

Selain itu, Jasa Marga juga telah melakukan pemeliharaan berbagai ruas jalan tol, seperti Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Cengkareng dan Jalan Tol Jagorawi. Ruas tol ini menjadi salah satu jalur lalu lintas para atlet pada Asian Games XVIII.

Jasa Marga juga secara aktif melakukan sosialisasi untuk mengenalkan Asian Games. Mulai dari Pasar Murah Mojokerto serta pembagian takjil dan 10.000 paket bingkisan di rest area di delapan cabang. Sosialisasi juga dilakukan Jasa Marga ketika pelaksanaan arus mudik dan balik 2018 lalu dengan menggelar acara Jasa Marga Presents: Mascot on Rest Area. Jasa Marga pun kembali bergabung dalam acara Kampung BUMN.