POPULAR STORIES

Kawasaki ZX-10R 2021 Meluncur, Hadir Dengan Aerodinamis Lebih Baik

Kawasaki ZX-10R 2021 Meluncur, Hadir dengan Aerodinamis Lebih Baik

KabarOto.com – Setelah Kawasaki ZX-10RR milik Jonathan Rea diperlihatkan beberapa waktu lalu, kini giliran ZX-10R 2021 tampil ke publik.

Motor sport ini memulai debutnya di Eropa pada 23 November lalu, hadir dengan peningkatan di beberapa sektor. Paling terlihat pada penggunaan fairing desain baru yang mirip dengan H2.

Baca Juga : Honda CBR1000RR-R Fireblade Sudah Tersedia Di Jawa Tengah, Ini Harganya

Ilustrasi aerodinamis Kawasaki ZX-10R 2021

Walaupun tampilannya makin agresif, tidak banyak yang menilai negatif mengenai tampilan baru ini. Dengan penggunaan fairing baru, klaim desain bodi lebih aerodinamis. Slah satu alasan karena penggunaan intergrated winglet mampu memberikan downforce pada roda depan.

Kawasaki juga memberi sedikit peningkatan di bagian pendingin oli, katup gas elektronik, sistem knalpot, serta rasio gir transmisi. Dan menariknya nih Sob, desain ini dibuat langsung oleh Kawasaki WSBK Racing Team.

Warna lime green dengan livery Kawasaki Racing Team

Baca Juga : Sportbike Listrik Asal Kanada Ini Harganya Mulai Rp239 Juta

Pada bagian performa, masih menggunakan mesin 4 silinder segaris DOHC berkapasitas 998 cc, mampu menghasilkan tenaga hingga 203 dk pad 13.200 rpm dan torsi 114,9 Nm pada 11.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi manual 6 percepatan, kini mendapat ubahan rasio gir yang lebih pendek terutama untuk posisi gigi 1 hingga gigi 3, hal ini berdampak pada akselerasi lebih baik.

Pada bagian pendingin oli, Kawasaki menggunakan susunan pendingin oli dengan pendingin udara mandiri.

Pada bagian kaki-kaki, dibekali dengan suspensi depan USD 43 mm lansiran Showa dan belakang monoshock. Pada bagian pelek masih sama dengan model sebelumnya dengan tiga palang ukuran 17 inci dibalut ban ukuran 120/70 untuk depan, sementara belakang ukuran 190/55.

Bagian pengereman depan menggunakan cakram ganda ukuran 330 mm dengan kaliper Brembo M50 monoblock 4 piston. Sementara belakang cakram 220 mm dengan kaliper piston tunggal.

Baca Juga : IMI Resmikan Buku Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok

Ubahan lainnya, penggunaan instrumen kluster baru yang sudah TFT display yang dapat terknoneksi dengan smartphone.

Motor ini dilengkapi tiga riding mode, yaitu Sport, Road, dan Rain. Kawasaki juga menyematkan electronic cruise control.

Bicara soal harga, Kawasaki ZX-10R 2021 mulai dipasarkan US$16.399 atau setara Rp 230 jutaan. Sementara untuk tipe ABS warna Lime Green dengan livery Kawasaki Racing Team, dibanderol US$17.699 atau setara Rp 249 jutaan.

Berita Terkait

Berita Terkait