Kecelakaan Mobil Di Malam Hari Disebabkan Lampu Redup, Lembaga Asuransi Amerika Tambah Uji Tes Lampu Utama

Kecelakaan Mobil di Malam Hari Disebabkan Lampu Redup, Lembaga Asuransi Amerika Tambah Uji Tes Lampu Utama Manurut pernyataan lembaga asuransi IIHS mengacu pada data hasil penelitian Highway Loss Data Institute (HLDI) menunjukan bahwa hubungan antara lampu redup dengan kecelakaan. (Foto: Autoevolution)

Demi meningkatkan keselamatan di jalan, Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat menambahkan uji tes lampu utama pada mobil 2016 mendatang. Bagaimanakah tes uji ini?

Uji tes lembaga asuransi IIHS pada lampu utama mobil bakal dilakukan pada waktu malam hari dan cuaca buruk agar mendapatkan predikat top safety.

Penambahan uji tes terhadap lampu utama mobi tersebut dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan yang disebabkan oleh redupnya lampu. Manurut pernyataan lembaga asuransi IIHS mengacu pada data hasil penelitian Highway Loss Data Institute (HLDI) menunjukan bahwa adanya hubungan antara lampu yang redup dengan kecelakaan.

“IIHS telah berbicara dengan beberapa perusahaan asuransi mobil dan menemukan jika lampu yang kurang (daya sinarnya) merupakan penyebab kecelakaan terbanyak,” tutur David Zuby, Kepala HLDI.

Mengutip dari laman Autoevolution sebelum 2016, tes telah siap dilaksanakan namun belum menentukan hasil dari uji tersebut. Setelah setahun berikutnya hasil yang baik mungkin diperlukan untuk mencapai top safety di jalan.

Mobil dengan lampu yang lebih terang seperti Mazda, Mercedes Benz, dan Volvo memiliki potensi risiko kecelakaan lebih kecil. Bahkan 10 persen lebih kecil dibanding mobil merek lain.

Diharapkan uji tes pada lampu utama tersebut setidaknya dapat mengurangi dampak kecelakaan yang diakibatkan oleh lampu redup.

Baca Juga: