POPULAR STORIES

Kemenperin Dukung Industri Modifikasi Mengarah Ke Kendaraan Listrik

Kemenperin Dukung Industri Modifikasi Mengarah Ke Kendaraan Listrik Modifikasi Wuling Air ev (Foto: IMX)

KabarOto.com - OLX IMX 2023 menjadi salah satu jalan untuk menuju tren kendaraan elektrifikasi. Di mana, industri modifikasi mulai melihat peluang pengembangan bengkel konversi kendaraan listrik dalam menekan kadar emisi kendaraan.

Untuk menyukseskan upaya tersebut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menginisiasi terbitnya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Industri Kendaraan Modifikasi yang memuat Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Bidang Industri Modifikasi.

Baca Juga: Toyota Tidak Terusik Dengan Invasi Mobil-mobil Listrik Tiongkok Di Indonesia

Dalam gelaran Press Conference, hadir perwakilan dari Kemenperin mewakili Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, Menperin RI, yaitu Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan, R. Hendro Martono.

Kemenperin dukung industri modifikasi menggunakan kendaraan listrik

Hendro menyampaikan, “Melalui gelaran OLX IMX 2023 dapat memberi wadah kreativitas industri modifikasi dan aftermarket dari tangan kreatif anak bangsa. Tentunya mesti dibarengi dengan peningkatan kompetensi SDM industri modifikasi dalam menjawab tuntutan perkembangan dan tren termasuk peluang memasuki era elektrifikasi."

Baca Juga: Komitmen Masa Depan, Bridgestone Siap Hadirkan Ban Untuk Mobil Listrik

Sejalan dengan perkembangan industri kendaraan bermotor, industri modifikasi dalam negeri juga berpotensi memberi nilai tambah melalui kreativitas dan inovasi serta mendatangkan multiplier effect dengan berkembangnya industri komponen kendaraan aftermarket berskala IKM.

Di tengah gencarnya migrasi kendaraan listrik di Indonesia, industri modifikasi mulai melirik peluang baru dalam pengembangan bengkel konversi kendaraan listrik dalam menekan kadar emisi kendaraan belakangan ini.

"Kemenperin bersama asosiasi modifikasi NMAA menyiapkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) jasa industri modifikasi kendaraan bermotor yang juga sekaligus mendukung program Indonesia Bersih melalui kendaraan listrik,” tutup Hendro.