POPULAR STORIES

Komitmen Masa Depan, Bridgestone Siap Hadirkan Ban Untuk Mobil Listrik

Komitmen Masa Depan, Bridgestone Siap Hadirkan Ban untuk Mobil Listrik Foto: KabarOto

KabarOto.com - Kehadiran mobil listrik sebagai bentuk perkembangan teknologi kendaraan, mendorong pihak Bridgestone untuk berkomitmen untuk masa depan. Rencananya akan memproduksi ban khusus untuk mobil listrik, ini sebagai bentuk dukungan Bridgestone terhadap peranannya dalam menciptakan lingkungan hijau bebas polusi.

Rencananya dalam waktu dekat, pihak PT Bridgestone Tire Indonesia akan menghadirkan ban untuk mobil listrik. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Mukiat Sutikno selaku Managing Director PT Bridgestone Tire Indonesia, kepada awak media di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu kemarin (13/09).

Baca juga: Partisipasi Di GIIAS 2023, Bridgestone Perkenalkan Kampanye Terbaru Untuk Konsumen

Mukiat Sutikno belum mau berbicara banyak perihal rencana ban khusus mobil listriknya

Mukiat Sutikno menjelaskan, bahwa tengah mempersiapkan ban untuk mobil listrik. Ukurannya besar dan tidak mempersiapkan model ban ukuran kecil seperti penggunaan pada mobil listrik mungil, Wuling Air EV.

"Saya belum bisa merinci lebih jelas perihal ban ini, masih dalam riset untuk pasar lokal. Kemungkinan ban mobil listrik ini akan dikembangkan secara khusus dan mempertimbangkan beberapa hal, seperti tingkat kebisingan maupun tingkat rolling resistance," ujarnya.

Pria berbadan tegap itu juga menambahkan, pihak Bridgestone mengantisipasi kebutuhan mobil listrik terutama urusan ban. Tidak bisa disamakan dengan karakter ban untuk mobil berbahan bakar konvensional, banyak pertimbangan agar pemakaian energi listrik dari baterai-nya tidak terlalu boros.

"Terutama adalah ban ini harus sesuai dengan karakter dan medan jalan, serta kondisi pasar di Indonesia itu sendiri. Karena di Eropa, ban Bridgestone sudah ada khusus untuk mobil listrik," ungkap Mukiat Sutikno.

Baca juga: Tak Hanya Menjual Ban, Bridgestone Indonesia Sukses Melakukan Transformasi Digital

Kemudian terkait bahan baku berupa karet alami (natural rubber), semakin ke sini sulit mendapatkannya. Membuat harga semakin tinggi, pihak Bridgestone menurut Mukiat sudah mengantisipasi hal tersebut.

"Caranya dengan melakukan riset terhadap bahan baku yang berkelanjutan, bahan yang dapat didaur ulang, sehingga lebih aman untuk lingkungan sekitar," pungkas Mukiat Sutikno.