POPULAR STORIES

Kementerian Perindustrian Beberkan Hasil Kinerja Ekspor Otomotif Indonesia Di Masa Pandemi

Kementerian Perindustrian Beberkan Hasil Kinerja Ekspor Otomotif Indonesia di Masa Pandemi Kemenperin

KabarOto.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, sektor industri otomotif Indonesia telah membuktikan kemampuannya untuk menembus pasar ekspor baru, yakni Australia.

Negeri Kanguru tersebut diketahui memiliki standar dan spesifikasi yang ketat terhadap produk kendaraan yang dipasarkan. “Hari ini telah dibuktikan oleh salah satu perusahaan industri otomotif di Indonesia, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berhasil melakukan ekspor perdana ke Australia," paparnya di Jakarta, Selasa (15/02).

Baca juga: Ekspor Perdana Toyota Fortuner Ke Australia Diyakini Gairahkan UKM Indonesia

Presiden Joko Widodo berpendapat, keberhasilan tersebut berkat kompetensi SDM industri Indonesia dan didukung oleh sektor IKM komponen otomotif yang mampu memenuhi standar kualitas global.

Untuk perluasan pasar ekspor, khususnya pangsa pasar ekspor produk otomotif, industri Indonesia telah mampu menembus sekitar 80 negara dengan kinerja ekspor tahun 2021 tercatat sebanyak 294 ribu unit kendaraan CBU dengan nilai sebesar Rp 52,9 triliun, serta sebanyak 91 ribu set CKD dengan nilai sebesar Rp 1,31 triliun, dan 85 juta pieces komponen dengan nilai sebesar Rp 29,13 triliun.

Baca juga: Toyota Fortuner Mulai Ekspor ke Australia Maret 2022

“Secara khusus, ekspor produk TMMIN pada tahun 2021 sebanyak 119 ribu unit kendaraan, atau sekitar 40% dari total ekspor otomotif Indonesia ke luar negeri. Alhamdulillah, Bapak Presiden bisa hadir untuk melepas pengiriman ekspor perdana ke Australia yang juga disertai beberapa produk diekspor ke Filipina dan Jepang,” tutup Agus.