Kenalan Sama Generasi Pertama Toyota Sienta Yang Imut

Kenalan Sama Generasi Pertama Toyota Sienta Yang Imut Facekift dengan penyegaran bodykit.

KabarOto.com – Di Indonesia kita mengenal Toyota Sienta baru pada 2016, dikenalkan lewat ajang IIMS (Indonesia Internasional Motor Show) 2016. Namun aslinya, Sienta sudah diperkenalkan terlebih dahulu di Jepang setahun sebelumnya.

Sienta juga sudah mulai diproduksi di Toyota Karawang Plant 2, Jawa Barat pada akhir Juni 2016. Dan baru -baru ini sudah muncul versi facelift-nya yang mempunyai tampilan lebih segar. Uniknya lagi, mobil ini merupakan satu-satunya pemain dikelasnya setelah Honda Freed sudah tidak lagi diniagakan.

Sienta saat baru pertama kali keluar.

Tapi apakah kalian tahu, sebenarnya Toyota Sienta sekarang merupakan generasi kedua. Penasaran seperti apa generasi pertamanya? Kita bahas yuk sob!

Baca Juga : Melihat Perodua Axia Kembaran Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla

Pertama kali diperkenalkan pada 2003, hingga masa akhir penjualannya tahun 2015. Jika melihat eksteriornya, berbanding jauh dengan model yang sekarang. Generasi pertama ini lebih mengusung desain mengkurva, misalnya penggunaan lampu utama bulat halogen memiliki sein kecil terpisah disampingnya. Bumper sederhana hanya ada lubang airdam tengah dan kisi-kisi lubang untuk foglamp.

Ubahan minor dilakukan saat facelift.

Dari sisi samping, mengikuti model pada masanya, tidak ada lekukan agresif dan tegas, semua dibuat mulus tanpa aksesori dan sebagainya, hanya saja desain floating roof itu juga berfungsi sebagai tempat lampu belakang. Konfigurasi pintu sudah menggunakan model sliding door.

Untuk bagian belakang, sepertinya mengingatkan kita pada Toyota Voxy, atau mungkin memang Voxy terinspirasi dari ini? Karena lampu rem memanjang keatas pada sisi pilar belakang, ditambah pintu bagasi berbentuk kotak besar, menjadikannya masih terlihat segar jika dilihat zaman sekarang.

Baca Juga : Toyota Starlet XL, Hatchback 3 Pintu Paling Hits Di 1980an

Mobil ini menggunakan mesim 1NZ-FE 4 silinder yang terkenal bandel, berkapasitas 1.500 cc, memiliki tenaga 109 dk dan torsi maksimal 141 Nm. Disambung ke transmisi CVT dan 4 percepatan otomatis (4WD). Oh iya, asiknya lagi selain penggerak roda depan, ada varian 4WD loh tapi hanya pasar Jepang saja.

Sienta berkode XP80 ini juga sempat beberapa kali mendapatkan facelift. Misalnya ubahan model lampu lebih mengotak, desain interior lebih modern, model pelek, serta penambahan body kit dan sebagainya demi meremajakan tampilannya.

Fitur dalam kabin juga cukup lengkap, media pemutar musik, AC pengaturan arah semburan lengkap, power window setiap sisi, dan sebagainya. Pemilihan warna interior juga kalem perpaduan krem dan coklat tua, opsional warna hitam. Menariknya, jok bagian depan bisa direbahkan dan menyatu ke jok baris kedua agar rata dan bisa dibuat tidur. Sungguh memaksimalkan ruang kabin yah Sienta dari dulu.

Toyota Sienta ditawarkan dalam berbagai warna terdapat 9 warna, mulai dari hitam, putih, silver, merah, biru, kuning, hijau, biru muda, dan abu-abu tua. Jadi kalau mau beli bisa pusing duluan milih warnanya nih Sob.