POPULAR STORIES

Kenali Jenis Peredam Yang Akan Digunakan Untuk Mobil Anda

Kenali Jenis Peredam yang Akan Digunakan untuk Mobil Anda Memasang Peredam di mobil harus mengenal jenis-jenis peredam.

KabarOto.com - Banyak cara yang dilakukan untuk memodifikasi dan mempercantik mobil. Selain menambahkan Headunit dan Audio mobil, cara lain untuk meningkatkan kenyamanan didalam mobil adalah dengan menambah peredam berkualitas.

Peredam mobil biasanya dipasang oleh pemilik mobil untuk mendapatkan suara lebih senyap dari luar. Selain membuat senyap suara dari luar, peredam memiliki banyak sekali fungsi yang mungkin belum terlalui diketahui. Yanto, Installer dari Begja Autotronics menuturkan tentang fungsi peredan pada mobil.

Baca Juga: CAN Gandeng Peredam Mobil Z3RO Gelar Kontes Audio

"Selain untuk membuat kabin mobil lebih senyap atau hening, peredam mobil yang bagus juga berfungsi untuk menahan panas, menahan getaran serta untuk meredam suara audio mobil tidak memantul, sehingga kualitas audio yang didengar telinga lebih bagus atau kedengaran jernih." jelasnya.

Peredam untuk alas mobil

Namun banyaknya merek peredam yang beredar di pasaran, membuat Anda harus bisa memilih mana yang pas untuk mobil Anda. Intinya Yanto memberikan saran untuk tidak sembarangan memilih jenis peredam.

Untuk setiap bagian mobil sebaiknya menggunakan tipe peredam yang sesuai. Ada jenis peredam yang dibuat khusus untuk dipasang di door trim pintu mobil, rubber seal pintu mobil, untuk di alas mobil, kolong mobil maupun dashbor mobil.

Ada pula peredam yang biasanya dipasang di bagian atap serta kap mesin kendaraan untuk meredam hawa panas, getaran dan suara yang dihasilkan mesin mobil agar tidak masuk ke kabin.

Peredam khusus untuk door trim pintu mobil

Material peredam pun bermacam-macam diantaranya Aspal, Gel, Bahan Busa, Alumunium Foil atau Rubber Butyl yang sedang banyak dipakai.

Peredam mobil bagus bukan hanya 1 jenis peredam untuk semua bagian mobil. Pada faktanya, untuk pemasangan jenis peredam mobil juga harus dilihat dari bagian mobil yang ingin dipasangkan.

Baca Juga: Gawat, Peredam Suara Mobil Bisa Timbulkan Kecelakaan

"Banyak sekali jenis untuk bahan Peredam mobil murah. Saat ini peredam yang baik di pasaran banyak yang menawarkan bahan aspal. Tetapi peredam yang baik sekarang menggunakan bahan utama Rubber Butyl atau Karet Butil,” terangnya.

Dia menambahkan, bahan peredam mobil Rubber Butyl ini cocok dipasang di bagian pintu mobil. Sebagai contoh, peredam brand Noisekill yang sekarang sedang ramai digunakan di pasaran adalah salah satu pelopor menggunakan bahan Rubber Butyl.