Kenali Tanda-Tanda Kerusakan Pada Injeksi Mobil

Kenali Tanda-Tanda Kerusakan Pada Injeksi Mobil Ilustrasi Mesin mobil (KabarOto)

KabarOto.com - Sistem injeksi perlahan tapi pasti menggantikan sistem bahan bakar karburator pada sebuah mobil. Sistem injeksi merupakan rangkaian komponen yang bekerja untuk mengirimkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.

Injeksi pada mobil memiliki peran penting. Maka dari itu, jika terjadi kerusakan, harus segera temukan permasalahan pada komponennya. Setelah ditemukan masalahnya, segera lakukan perbaikan atau penggantian pada komponen yang rusak.

Baca juga: Sirimas Terima Reparasi Turbocharger Rusak

Nah, ciri-ciri injeksi mobil rusak biasanya cukup terlihat dan mudah untuk dikenali. Dikutip dari laman Auto2000, berikut ini adalah ciri-ciri injeksi mobil sobat KabarOto rusak:

1. Mesin Mobil Brebet

Ciri-ciri injeksi mobil rusak yang pertama adalah mesin mobil menjadi brebet atau tersendat dan cenderung sulit untuk distarter. Hal ini akan berpengaruh pada tarikan gas yang menjadi lebih berat dibanding biasanya.

2. Respons Pedal Gas Telat

Saat terdapat masalah atau kerusakan pada sistem injeksi, respons pedal gas ketika diinjak akan cenderung terlambat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk berakselerasi. Tetapi, kondisi ini justru terjadi saat permasalahan injeksi belum terlalu besar, hanya saja bagian injektor mulai melemah.

Ilustrasi mesin mobil (KabarOto)

3. Konsumsi Bahan Bakar Tidak Efisien

Ketika terjadi kerusakan injeksi tentu akan berpengaruh pada efisiensi penggunaan bahan bakar. Alasannya, injeksi berkaitan erat dengan sistem bahan bakar.

Sehingga, kerusakan injektor pada dasarnya akan menghambat aliran bahan bakar ke ruang bakar. Sensor akan memberikan sinyal pada ECU agar injektor lainnya mengambil sisa bahan bakar yang ada di tangki. Dampaknya, konsumsi bahan bakar mobil menjadi tidak efisien.

Baca juga: Honda Mobilio Ini Lebih Gahar Setelah Pakai Doping Turbocharger

4. Indikator Menyala

Perlu diketahui bahwa saat ini mobil telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang membolehkan mobil memberikan sinyal ketika terjadi masalah di bagian mesin, termasuk juga masalah injeksi. Saat injeksi rusak, biasanya indikator check engine pada bagian dashboard akan menyala.