POPULAR STORIES

Kendaraan Sering Menumpuk Ketika Mudik, Polda Jateng Cek Jalur Mudik Di Brebes

Kendaraan Sering Menumpuk Ketika Mudik, Polda Jateng Cek Jalur Mudik di Brebes Foto: Merahputih.com

KabarOto.com- Jelang mudik berbagai fasilitas di sepanjang jalur mudik dipersiapkan. Misalnya di Jalan Tol Trans Jawa, persiapan terkait rest area mulai dimaksimalkan. Pengadaan toilet yang semakin banyak, serta lahan parkir yang lebih luas supaya bisa menampung ratusan kendaraan pemudik.

Salah satu jalur mudik yang selalu padat yaitu Brebes. Banyaknya kendaraan yang melintas di jalur pantura, akhirnya membuat kendaraan menumpuk pada lokasi ini. Untuk melihat kesiapan jalur mudik Lebaran tahun 2019, Polda dan tim kembali mengecek area tersebut.

Jalur pantura dan jalan tol di area tersebut merupakan jalur utama yang nantinya akan dilalui, serta digunakan oleh pemudik. Terutama pemudik yang mayoritas datang dari Ibu Kota menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

Baca Juga: Pertamina: Jangan Biarkan Indikator Bahan Bakar Dibawah 50% Saat Mudik Lebaran

Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol Drs. Haryanto bersama Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Antariksa mengecek lokasi pada 22 Mei kemarin. Dan ditemani oleh Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono bersama dengan sejumlah PJU Polres Brebes pun ikut mendampingi rombongan.

Baca Juga: Selain Isi Bahan Bakar, Pertamina Sediakan Tempat Istirahat Untuk Pemudik

Beberapa lokasi dicek kesiapannya oleh Karo Ops dan tim, antara lain rest area Km 262 dan Km 252, serta pintu keluar tol Brebes Barat.

Berbagai langkah antisipasi yang akan dilakukan, salah satunya yaitu menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas. Sehingga arus mudik maupun arus balik yang nanti akan dilakukan one way maupun pengalihan arus, sudah bisa diantisipasi.

Karo Ops Polda Jateng mengatakan, "Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menyambut arus mudik Lebaran. Kita sudah antisipasi di mana pada tiga hari menjelang Lebaran akan dilakukan one way dan kita sudah mencari tempat-tempat mana yang merupakan trouble spot, yang rawan kemacetan ini sudah kita petakan."

Baca Juga: Daftar 5 Ruas Tol Fungsional Yang Beroperasi Di Musim Mudik Lebaran 2019

Kapolda Jateng juga bekerja sama dengan Lintas Sektoral dan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol), rest area dan lainnya untuk memaksimalkan fasilitas yang diberikan. Sehingga kenyamanan pemudik ketika melakukan perjalanan akan terbantu.

Selain itu, nantinya pihak Kepolisian juga akan mengerahkan sejumlah anggotanya. Di mana petugas akan berada di titik-titik rawan macet. Kepolisian juga akan menggandeng instansi Lintas Sektoral agar keamanan dan kenyamanan semakin terjamin.