Kepadatan Lalu Lintas Diprediksi Meningkat Saat Arus Mudik Dan Balik Idul Adha

Kepadatan Lalu Lintas Diprediksi Meningkat Saat Arus Mudik dan Balik Idul Adha

KabarOto.com - Akhir Juli 2020 merupakan tanggal merah yang memperingati Idul Adha. Mengingat Mei lalu, seluruh masyarakat Indonesia mengalami kesulitan untuk pulang kampung di Hari Raya Idul Fitri. Pasalnya, virus Corona atau Covid-19 mewabah di Indonesia.

Saat ini Polda Metro Jaya tengah menggelar Ops Patuh Jaya 2020 untuk mendisiplinkan masyarakat dalam berkendara. Diketahui setelah diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, banyak masyarakat yang melanggar aturan lalu lintas.

Baca Juga: Mengenal Mobil Pintar Hawkeye 2000 Untuk Mengecek Kondisi Jalan Tol

Ops Patuh Jaya 2020 diselenggarakan selama dua pekan mulai 23 Juli hingga 5 Agustus. Tak hanya menggelar razia, Korlantas Polri juga tengah menyiapkan kesiapan mudik Idul Adha. Kepolisian juga memprediksi akan ada peningkatan arus lalu lintas karena masyarakat memanfaatkan momen mudik kali ini.

"Sekaligus kami mempersiapkan untuk Lebaran Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat 31 Juli," terang Kabag Ops Korlantas Polri.

Pihak kepolisian mengecek beberapa jalur tol mulai dari Ibu Kota hingga wilayah Jawa Timur. Jalur ini antara lain Tol Cikampek Utama - Tol Cikopo - Tol Palimanan - Tol Pejagan - Tol Brebes Timur - Tol Kalikangkung, dan lainnya.

Baca Juga: Tekan Angka Kecelakaan, Polda Riau Gelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2020

Diperkirakan, kepadatan atau lonjakan arus akan terjadi pada 30 Juli sebagai puncak arus mudik. Sedangkan arus balik diperkirakan jatuh pada 2 Juli. Berbagai antisipasi di hari libur ini terus dilakukan oleh pihak berwajib.

"Kami tetap antisipasi, baik itu di jalur tol, arteri, maupun tempat wisata," tambahnya.