Kepadatan Pemudik Terurai, Contraflow Di Tol Jakarta - Cikampek Dihentikan

Kepadatan Pemudik Terurai, Contraflow di Tol Jakarta - Cikampek Dihentikan

KabarOto.com - Dua pekan ini terhitung libur panjang karena memperingati Hari Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah dalam waktu berdekatan. Sebab itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan untuk mudik dan menyebabkan peningkatan volume kendaraan di beberapa titik.

Di Jalan Tol Jakarta - Cikampek menuju arah Cikampek terpantau padat sejak pagi, sebelumnya dilakukan rekayasa lalu lintas contraflow di km 47 sampai km 53. Namun, sejak pukul 10.00 WIB jalur contraflow diperpanjang hingga km 61 karena volume kendaraan terus meningkat.

Baca Juga: Operasional Angkutan Barang Dibatasi, Jasa Marga: Dari Jalan Tol Dialihkan Ke Arteri

Terpantau sore hari lalu lintas di Jalan Tol Jakarta - Cikampek arah Cikampek sudah kembali lancar. Sehingga, pukul 14.25 WIB contraflow di km 47 sampai km 61 sudah dihentikan.

Jasa Marga mencatat sudah 162 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta pada H-1 Tahun Baru Islam 1442 H, yang jatuh pada 19 Agustus. Bahkan, volume kendaraan meningkat 39,2 persen jika dibandingkan lalin normal.

Baca Juga: Ada Dua Puncak Arus Mudik, Layanan Tol Ditingkatkan

Masih di tengah pandemi, Jasa Marga juga mengimbau agar para pengguna jalan memperhatikan kondisi kendaraan, saldo uang elektronik, serta bahan bakar.

Bagi pemudik yang memutuskan untuk berhenti di rest area juga jangan lupa terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Saat ini tetap hindari kerumunan atau kepadatan di rest area.