POPULAR STORIES

Ada Dua Puncak Arus Mudik, Layanan Tol Ditingkatkan

Ada Dua Puncak Arus Mudik, Layanan Tol Ditingkatkan

KabarOto.com - PT Jasa Marga (Persero) memprediksi adanya puncak arus mudik di dua momen. Arus mudik ini disebabkan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus dan Tahun Baru Islam 1442 H pada 20 Agustus. Sehingga puncaknya akan tiba pada Jumat, (14/8) dan Rabu (19/8).

Menanggapi hal ini, Jasa Marga sudah melakukan peningkatan layanan baik dalam hal transaksi, lalu lintas, konstruksi maupun tempat istirahat. Contohnya, di GT Utama sudah disiapkan Mobile Reader serta memastikan gardu transaksi beroperasi penuh.

Baca Juga: Ditambah 4 Fasilitas Baru, Rest Area Tol Batang - Semarang Makin Lengkap

Selain itu, Jasa Marga juga menempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan. Hal ini dilakukan guna mempercepat penanganan gangguan lalu lintas. Adapun optimalisasi kapasitas lajur dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, atas direksi kepolisian.

Jasa Marga juga melakukan pelebaran lajur pertemuan ruas Jalan Tol Jakata-Cikampek bawah, dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Konstruksi juga dihentikan sementara untuk periode libur panjang, sehingga tak mengganggu arus lalu lintas.

Ilustrasi penghentian konstruksi

Selain itu, ada petugas siaga 24 jam yang telah disiapkan untuk pemeliharaan rutin dan pembersihan saluran antisipasi genangan air.

Baca Juga: Urai Kepadatan, Gerbang Tol Cikunir 4 Dioperasikan

Di tempat istirahat, fasilitasnya juga diperhatikan mengingat saat ini masih di masa pandemik. Jasa Marga tetap menerapkan physical distancing melalui pembatasan kapasitas pengunjung. Rest area juga dilengkapi dengan petugas siaga dan pos pengamanan.

Jasa Marga juga bekerjasama dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas, yaitu buka tutup rest area saat terjadi antrean kendaraan.