Kerja Sama Mercedes-Benz Dan Geely Lahirkan Smart EV

Kerja Sama Mercedes-Benz dan Geely Lahirkan Smart EV 2018 Smart Vision Fortwo Concept

KabarOto.com - Kendaraan listrik saat ini terus dikembangkan, sedikit demi sedikit di para pemegang merek otomotif di Indonesia memberi pilihan mobil hybrid atau listrik untuk masyarakat. Di luar, kendaraan listrik permintaannya terus meningkat dan tengah disiapkan berbagai pilihan dari merek Asia maupun Eropa.

Kabar baik datang dari Mercedes-Benz dan Geely, mereka sudah mengumumkan bahwa resmi bekerja sama. Keduanya telah menyetujui regulasi untuk usaha patuangan 50:50 dalam membangun mobil listrik. Mereka akan berkolaborasi membangun mobil listrik Smart di Tiongkok.

Baca Juga: Dijual Rp 5 Jutaan, Elvindo Luncurkan 4 Motor Listrik Rakitan Tangerang

"Setelah menerima persetujuan regulasi yang diperlukan, kami sekarang siap untuk memulai usaha patungan dengan mitra kami Geely, yang telah dalam persiapan selama beberapa bulan terakhir," ujar Ola Källenius selaku Chairman of the Board of Management of Daimler and Mercedes-Benz.

Sejak 2019, Daimler dan Geely sudah mengumumkan kemitraan mereka pada Maret 2019. Mereka juga sempat menjelaskan bahwa Smart EV generasi berikutnya akan dikembangkan bersama dan mulai dijual pada 2022.

Baca Juga: Damon Hypersport, Apa Spesialnya Motor Listrik 200 Dk Buatan Kanada Ini?

Keduanya berinvestasi ¥ 2,7 Miliar atau sekitar $ 389 juta untuk membangun mobil "electric premium and smart" di bawah merek Smart. Perusahaan patungan tersebut memiliki kapasitas produksi di Tiongkok dan operasi penjualannya akan berlangsung di Cina dan Jerman, tempat kedua merek tersebut lahir.

Perusahaan akan dipimpin oleh Tong Xiangbei sebagai Chief Executive Global, sementara setiap perusahaan akan memiliki tiga eksekutif di dewan perusahaan baru.

"Usaha patungan ini akan membawa generasi berikutnya dari mobil listrik pintar tanpa emisi ke pasar Tiongkok dan global," tambah Ola Källenius.

Baca Juga: Hore! Tangerang Tambah Lagi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Targetnya juga tidak berubah, sesuai dengan rencana pengembangan kendaraan mencakup perluasan merek Smart ke segmen-B yang kian tumbuh cepat.

"Kami akan bekerja sama dengan Mercedes-Benz mengubah merek Smart menjadi pemain utama di urban premium, listrik, dan kendaraan yang terhubung untuk menyukseskan perkembangan potensi merek global," jelas Li Shufu dari Geely Holding.