POPULAR STORIES

Ketahui Penyebab Knalpot Motor Nembak-nembak

Ketahui Penyebab Knalpot Motor Nembak-nembak Foto: KabarOto

KabarOto.com - Saat berada di jalan raya, sering kita dengar suara menembak, seperti petasan. Itu merupakan suara dari knalpot motor. Kadang kita tidak menyadarinya, jika suara tersebut ternyata keluar dari kendaraan kita saat melepas gas.

Munculnya gejala nembak-nembak atau ledakan di knalpot, umumnya terjadi pada 2 kondisi. Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora menjelaskan, knalpot motor nembak saat lepas tuas gas pertama, karena kondisi throttle atau tuas gas sedang ditarik atau dibuka.

Baca juga: Aprilia Perpanjang Kolaborasi Resmi Dengan Knalpot SC Project

Pada kondisi tersebut, jika motor kedapatan suara ledakan tambahan dari knalpot, biasanya terjadi kerusakan pada:

1. Saluran buang / Exhaust Port bocor
Knalpot merupakan komponen pada kendaraan yang digunakan sebagai saluran pembuangan dari hasil pembakaran untuk mengurangi kebisingan hasil pembakaran mesin, dan menurunkan kadar emisi gas buang.

Jika terdapat hal yang abnormal, misalnya bagian ujung knalpot ke mesin keropos, baut pengikat knalpot ke arah mesin longgar, dan juga paking knalpotnya sudah aus. Ini pastinya akan menimbulkan suara ledakan pada knalpot.

2. Sistem Pengapian bermasalah

Motor menggunakan karburator knalpotnya sering menembak (Foto: KabarOto)

Sistem pengapian di sepeda motor berfungsi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar pada waktu yang tepat guna menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Jika sistem pengapian (busi) tidak bisa memercikkan bunga api busi pada waktu yang tepat, tentunya akan menghasilkan siklus pembakaran pada mesin yang tidak sempurna. Misal waktu pembakarannya terlambat, hal ini selain mengakibatkan tenaga mesin berkurang, juga akan menghasilkan ledakan-ledakan di knalpot.

Kondisi kedua, throttle atau tuas gas sedang dalam posisi di lepas atau ditutup. Pada kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya :

A. Setting suplai bahan bakar dan udara bermasalah

Suplai bahan bakar dan udara sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Performa mesin bisa bekerja secara maksimal, jika perbandingan jumlah bahan bakar dan udara berada disekitar 1:15 (1 gram bahan bakar berbanding dengan 15 gram udara).

Knalpot terkadang menembak saat berada di jalan (Foto: DAM)

Jika campurannya lebih banyak udara, hal ini selain berpengaruh terhadap performa mesin yang kurang baik, juga akan timbul suara nembak-nembak di knalpot pada saat turun gas.

Ini biasanya terjadi pada motor motor yang menggunakan karburator. Suara nembak nembak tersebut akan lebih terasa jika salah satu komponen di karburator yaitu ACV (Air Cut Valve) tidak bekerja dengan baik.

Baca juga: Satlantas Polres Karanganyar Amankan 36 Motor Berknalpot Brong

B. Sistem Pengapian lemah

Sistem pengapian memang sangat berpengaruh terhadap performa mesin, selain bisa menimbulkan masalah saat gas dibuka, ternyata sistem pengapian yang lemah, juga bisa berpengaruh terhadap munculnya suara nembak nembak, di knalpot pada saat gas ditutup.

Untuk itu, Ade meminta pengguna motor yang mengalami hal ini, segera melakukan perawatan rutin di bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat. Agar seluruh komponen sepeda motor selalu dalam kondisi prima, sehingga performa sepeda motor selalu terjaga.