POPULAR STORIES

Keuntungan Dan Kerugian Beli Mobil Sitaan KPK

Keuntungan dan Kerugian Beli Mobil Sitaan KPK Gedung KPK (Istimewa)

KabarOto.com - Komite Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan lelang mobil sitaan mulai hari ini, Jumat (22/9/2017). Berikut keuntungan dan kerugian bagi konsumen yang ingin membeli kendaraan hasil lelang tersebut.

KPK menggelar acara lelang mobil tersebut di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat. Acara lelang ini terbuka bagi siapa pun yang berminat. Sebelum mengikuti acara ini, para konsumen bisa mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu.

Baca Juga:

Sebelum mengikuti acara lelang ini, ada beberapa persyaratan yang harus dpenuhi oleh konsumen. Pertama, peserta lelang diwajibkan memiliki akun yang telah terverifikasi pada situs lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

Peserta lelang harus sign-in (bagi yang sudah pernah mendaftar) atau sign-up (bagi yang belum pernah mendaftar), untuk mendapatkan username dan password masing-masing. Ada beberapa isian yang harus dilengkapi dalam proses registrasi ini.

Pastikan agar alamat e-mail yang didaftarkan valid. Peserta lelang akan memperoleh kode aktivasi yang dikirim ke alamat e-mail masing-masing.

Kode aktivasi digunakan untuk mengaktifkan username. Setelah aktif, peserta lelang memilih obyek lelang pada katalog yang tersedia.

Setelah memastikan obyek lelang yang dipilihnya, peserta lelang diwajibkan untuk mendaftarkan nomor identitas/KTP dan NPWP serta dan mengunggah softcopy KTP dan NPWP. mendaftarkan nomor rekening bank atas nama peserta lelang untuk kepentingan pengembalian uang jaminan bagi peserta lelang yang tidak ditunjuk sebagai pemenang lelang.

Setelah itu, peserta lelang akan memperoleh nomor Virtual Account (VA) yang digunakan sebagai tujuan penyetoran uang jaminan lelang. Nomor VA dapat dilihat dalam menu status lelang, (sesuai username masing-masing pada aplikasi).

Lantas, apa keuntungan dan kerugian yang didapat konsumen ketika membeli mobil pada acara lelang ini? Keuntungannya adalah banyaknya pilihan mobil bagi para konsumen dengan berbagai kondisi.

Karena acara ini digelar di balai lelang, otomatis mobil yang dilelang bisa berjumlah ratusan. Dengan demikian, konsumen memiliki banyak pilihan untuk memilih mobil yang sesuai dengan kondisi kocek mereka.

Adapun, kerugian yang bakal dialami oleh konsumen adalah kondisi kendaraan yang dijual apa adanya. Dengan demikian, konsumen yang ingin membeli mobil dari acara lelang tersebut harus teliti sebelum membeli.