POPULAR STORIES

Kia EV6 Raih Penghargaan Mobil Terbaik Di Eropa

Kia EV6 Raih Penghargaan Mobil Terbaik di Eropa Kia EV6 (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Kia EV6 meraih penghargaan European Car of the Year (Ecoty) 2022, setelah mengalahkan enam pesaing terdekatnya.

Dengan prestasi ini, Kia EV6 menjadi kendaraan listrik ketiga yang berhasil meraih penghargaan ECOTY dengan mengumpulkan sebanyak 279 poin. Posisi kedua ada Renault Megane E-Tech dengan 265 poin dan Hyundai Ioniq 5 dengan 261 poin di posisi ketiga.

Posisi selanjutnya ada Peugeot 308 dengan 191 poin, Skoda Enyaq 185 poin, Ford Mustang Mach-E 150 poin, dan Cupra Born 144 poin.

Baca juga: Kia Sportage Versi Amerika Serikat Punya Kabin Lebih Luas

“Merupakan kehormatan besar untuk memenangkan European Car of the Year 2022 melalui Kia EV6. Ini adalah penghargaan bergengsi pertama untuk kami,” kata Jason Jeong, Presiden Kia Europe.

Sebagai informasi, penilaian European Car of the Year terdiri dari sembilan media otomotif di sembilan negara dan independen. Tahun ini, kelompok tersebut mengumumkan bahwa mereka tidak akan menghitung suara dari anggota Rusia.

Baca juga: Tiga Varian Kia EV6 Mendarat Di Australia, Harga Mulai Rp702 Jutaan

“Ini adalah reaksi atas serangan Rusia ke Ukraina. Penangguhan ini tidak bersifat pribadi, tidak terhadap anggota kami. Anggota Juri Rusia tidak dikecualikan dari Juri. Tetapi hak mereka untuk memilih ditangguhkan sampai situasi konflik berubah,” tulis organisasi tersebut dalam rilisnya.

Penghargaan European Car of the Year telah berlangsung sejak 1964, di mana Rover 2000 meraih kemenangan. Selain itu, mobil listrik pertama yang memenangkan penghargaan adalah Nissan Leaf pada tahun 2011.