POPULAR STORIES

Kia EV9 Dibekali Remote Smart Parking Assist 2 Begini Bedanya

Kia EV9 Dibekali Remote Smart Parking Assist 2 Begini Bedanya Kia ev9 (Foto : KabarOto.com)

KabarOto.com - Kia EV9 telah diperkenalkan lewat ajang GIIAS 2023 beberapa waktu lalu, berbagai kecanggihan pun disematkan pada SUV besar listrik ini. Salah satunya Remote Smart Parking Assist 2 (RSPA 2), apa beda dengan fitur lain?

Sebenarnya RSPA sudah digunakan sebelumnya di beberapa model, salah satunya EV6, namun ada beberapa pengembangan baru yang dilakukan Kia di RSPA 2.

Pada dasarnya RSPA 2 memiliki segala fitur yang juga dimiliki RSPA. Sistem ini sangat membantu pengemudi yang terpaksa parkir di ruang sempit, atau dalam kasus saat mobil sulit diakses karena mobil terlalu mepet ke tembok, atau ada mobil parkir di sebelah sehingga tidak bisa buka pintu mobil.

Baca Juga : Kia EV9 Bodi Mengotak Namun Tetap Dinamis Ini Rahasianya

Dengan RSPA kalian bisa mengontrol mobil hanya menggunakan remot. Jadi pengemudi tinggal mengaktifkan sistem RSPA, lalu keluar dari mobil. Cukup tekan tombol mundur atau maju, maka mobil akan bergerak sendirinya ke posisi parkir pada kecepatan kurang dari 5 kpj.

Perpindahan gigi, posisi setir, bahkan mengerem, semuanya diatur oleh sensor, jadi aman, apalagi jika baru belajar namun sulit untuk parkir fitur ini akan sangat berguna. Jarak pemilik dengan mobilnya pun dibatasi agar aman sekitar 3-5 meter saat pengoperasian.

Baca Juga : Ini Perbedaan Kia EV6 GT Dengan Kia EV6 GT-Line

Namun di RSPA 2 fitur parkir ini ada tambahan, selain bisa parkir dan keluar dengan posisi maju atau mundur, lalu parkir dengan posisi paralel. Sekarang bisa juga parkir secara diagonal, jadi dapat disesuaikan kondisi parkiran apapun.