KIA Siapkan Telluride Untuk Pasar Amerika

KIA Siapkan Telluride untuk Pasar Amerika

KabarOto.com - Pabrikan mobil asal Korea Selatan segera merilis Kia Telluride untuk pasar Amerika Serikat, mobil ini dirancang oleh studio desain Kia di Irvine, California, Amerika Serikat. Dengan dimensinya yang besar, desain yang berani dan tajam, serta menawarkan kenyamanan menjadi tawaran yang disodorkan oleh SUV ini.

Kia Telluride akan rilis pada tahun 2020, dan telah dimulai menuju ke tahap produksi di pabriknya di Georgia, Amerika Serikat. Kia Telluride 2020 pertama yang masuk ke jalur produksi, akan diberi warna hijau lumut gelap.

Baca juga: Toyota Fortuner 'Nyangsang' Ini Buat Netizen Terheran-heran

Telluride adalah Kia pertama yang dirancang khusus untuk pasar Amerika Serikat. Dari goresan desainer, terciptalah SUV berdimensi besar ini. Telluride merupakan hasil diskusi para desainer Kia, yang melihat mobil-mobil SUV yang beredar di Amerika Serikat saat ini.

Eksterior Kia Telluride memiliki model bodi yang agak mengotak, kap mesin panjang dengan lampu depan yang dilengkapi DRL dan head lamp berteknologi LED. Bagian gril juga mengotak, sebagaimana ciri khas mobil SUV di Amerika Serikat.

Bagian bumper depan dan belakang dibuat simple tetapi tetap memancarkan kesan SUV yang gagah. Plus model fender dengan lekukan yang tegas makin mengentalkan kesan maskulin dari SUV besar ini.

Baca juga: Profil - All New Nissan Livina

Beranjak ke bagian samping, pelek berukuran 22 inci dengan warna hitam gloss dibalut ban berprofil rendah dan jendela samping berukuran besar, dikelilingi lis krom menambah kesan mewah. Di bagian belakang, lampu model L terbalik dengan LED sebagai standarnya.

Masuk ke interior, yang dominan berwarna putih dengan hampir seluruh panel interior dibalut bahan kulit. Selanjutnya layar MID, dan head unit berlayar 10 inci LCD TFT dapat terhubung dengan smartphone serta kamera parkir yang dapat mengikuti putaran setir. Untuk memanjakan telinga pengemudi dan penumpang, disediakan 10 speaker dari Harman/Kardon, tersedia juga wireless charging dan 6 USB charging port.

Baca juga: Ini Merek-merek Mobil yang Paling Banyak Diberitakan Media

Untuk fitur keamanan, mobil ini terbilang sangat lengkap, sesuai standar Amerika yang tinggi. Dengan 7 buah airbag, ABS, EBD, stability Control, Downhill brake control, Hill-start assist control, Tire pressure monitoring system, "Kia Drive Wise" Advanced Driver-Assistance Systems (ADAS), Forward Collision Warning (FCW), Forward Collision-Avoidance Assist with pedestrian detection (FCA), High Beam Assist (HBA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Blind Spot Collision-Avoidance Assist-Rear (BCA-R), dan beberapa fitur keamanan lainnya yang menjamin pengemudi dan penumpang lebih aman berkendara.

Jantung mekanisnya menggunakan mesin 3.8L, V6, GDI yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 291 dk pada putaran mesin 6.000 rpm. Walaupun mobil ini mempunyai dimensi yang besar, mobil ini tetap mendapatkan asupan tenaga yang cukup.

Akankah mobil ini menarik untuk dimiliki? Tapi kemungkinan kecil mobil ini rilis di Indonesia, karena jenisnya yang kurang diminati. (Leonardus Rianto)