Kia Sonet, Compact SUV Berjubel Fitur

Kia Sonet, Compact SUV Berjubel Fitur Sumber Foto : KIA

KabarOto.com – Kia Sonet yang diperkenalkan awal Agustus merupakan compact SUV perkotaan cerdas untuk pasar dunia, diproduksi di India setelah Seltos. Menariknya, Sonet memiliki segudang fitur canggih dan premium yang diklaim bakal memanjakan pengemudi dan penumpangnya.

“Melalui bahasa desainnya agresif, modern, dinamika fun to drive, serta fitur teknologi terbaru Kia, Sonet menekankan ambisi kami untuk menjadikan Kia merek pilihan. Terutama di antara konsumen milenial dan Gen Z,” ungkap Ho Sung Song selaku CEO Kia Motor Corporation melalui peryataan resmi.

Baca Juga : Kia Stinger Fastback, Incar Anak Muda

Dari segi desain eksterior, Sonet tampil sporty dan agresif. Dari depan, ditata bahasa desain gril Tiger Nose khas Kia, yang diapit lampu utama LED disanding DRL LED berbentuk seperti pengukur detak jantung.

Penampilanya semakin manis berkat lampu kabut LED Projector. Lalu terdapat aksen skid plate depan yang membuat tampilan makin gagah.

Menengok bagian samping, desain struktur unik pilar C, sedikit add-on warna hitam pada bagian pelek 16 inci yang memperkuat kesan SUV-nya. Bagian bawah mobil diberi pelindung plastik kelir hitam ini menyambung dari depan hingga ke bumper belakang.

Baca Juga : Beda Harga Rp60 Juta, Ini Perbedaan MG HS Ignite Dan Excite

Masuk ke kabin, pengemudi dan penumpang akan disapa oleh head unit berukuran 10,25 inci. Terpasang pada tengah dasbor. Layar sentuh ini juga terintegrasi dengan beragam konektivitas seperti smartphone, navigasi satelit dan sudah support Apple CarPlay dan Android Auto.

Head unit ini tersambung dengan 7 speaker premium lansiran Bose dipadu sound mood light. Lalu Sonet memiliki fitur Smart Pure Air Purifier yang dilengkapi virus protection. Fitur ini banyak dicari oleh konsumen apalagi saat pandemi virus Corona (Covid-19).

Bagian panel instrumen berukuran 4,2 inci, menampilkan beragam informasi seputar kendaraan. Lalu bentuk lingkar kemudi flatbottom, makin memperkuat kesan sporty di kabin. Tidak lupa, mobil ini sudah memiliki fitur wireless charger dan sunroof, Sob!

Bicara soal mesin, Kia Sonet memiliki tiga pilihan mesin, yakni mesin 1.200 cc bensin, 1.000 cc turbo (T-GDI) bensin, dan 1.500 cc diesel (CRDi). Untuk mesin 1.200 cc bensin dibekali transmisi manual 5 percepatan sedangkan 1.500 cc diesel memilik pilihan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis.

Sedangkan untuk mesin 1.000 cc turbo disuguhkan transmisi otomatis dual-clutch (DCT) 7 percepatan dan transmisi manual 6 percepatan intelligent manual transmision (iMT).

Untuk menunjang keamanan dan kenyamanan Kia Sonet sudah menerapkan beberapa fitur keselematan seperti, enam titik airbag, ABS dengan EBD, Electronic Stability Control (ESC), Hill start assist, Vehicle Stability Management (VSM), dan Brake Assist (BA). Lalu terdapat sensor parkir depan dan belakang, Highline tyre pressure monitoring system (TPMS), Auto headlamps, dan ISOFIX.

Baca Juga : Tips Berkendara Aman Saat Berbaur Dengan Para Pesepeda

Nantinya, model tertinggi Kia Sonet hadir dalam varian GT Line. Untuk trim GTI Line hadir eksklusif dengan interior yang didominasi warna merah. Dan, di bagian eksterior warna gril hitam glossy diberi emblem GT Line berwarna merah.

Sayangnya, untuk detail semua varian dan harga pihak pabrikan belum menyinggung nih Sob. Namun, Kia Sonet ini akan dilepas ke diler bulan September mendatang di India. Kabarnya akan masuk Indonesia, jadi kita tunggu saja ya Sob!