POPULAR STORIES

Kimi Raikkonen Start Terdepan Di GP Italia 2018

Kimi Raikkonen Start Terdepan di GP Italia 2018 Foto: Mark Sutton/Sutton Images

KabarOto.com - Pembalap Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen sukses meraih pole position pada sesi kualifikasi putaran ke-14 Formula 1 (F1) 2018 di Sirkuit Monza, Italia, Sabtu (1/9).

Raikkonen mencatat waktu terbaik 1 menit 19,119 detik atau unggul 0,161 detik dari rekan setimnya, Sebastian Vettel. Adapun posisi tiga diraih juara dunia F1 2017 asal tim Mercedes AMG Petronas F1, Lewis Hamilton.

Meskipun meraih pole position, Raikkonen menegaskan baru menyelesaikan setengah dari tugasnya. Karena ia menyadari, tantangan yang ia hadapi bakal lebih sulit pada lomba yang berlangsung hari ini.

Baca Juga: Renaldi Hutasoit Juara Ferrari Challenge APAC Jepang

Meskipun begitu, Raikkonen bertekad meraih kemenangan. Maklum GP Italia sangat spesial buat timnya, Ferrari. Karena tim berlambang kuda jingkrak itu memang bermarkas di negara ini.

“Saya tidak berpikir ada posisi start lebih baik dari pole position saat berlomba di depan Tifosi (sebutan fan dalam bahasa Italia) dan saya harap bisa kembali finis terdepan pada lomba. Semoga jalannya lomba bisa mulus seperti kualifikasi,” kata Raikkonen.

Pole position GP Italia merupakan yang pertama buat Raikkonen sejak GP Monako 2017 atau hanya yang ketiga sepanjang 10 tahun terakhir. Meskipun begitu ia menegaskan tidak ada perasaan emosional ketika meraih pole position di Monza.

“Karena ini bukan pole position pertama saya. Jika ini yang pertama, tentu perasaan yang saya alami bakal berbeda. Saya akan terus berusaha. Terkadang hasilnya tidak sesuai harapan, kadang sebaliknya. Ini tidak semudah yang terlihat di TV,” ucap juara dunia F1 2007 itu menambahkan.

Pada lomba GP Italia yang berlangsung Minggu (2/9) pukul 20.10 WIB, Raikkonen berpotensi terlibat duel dengan Vettel selepas start. Pembalap asal Finlandia itu mengakui bakal sedikit berhati-hati.

Baca Juga: Fortuner Toyota Team Indonesia Ini Digeber Pembalap MotoGP

“Kami tetap bersaing satu sama lain, tapi tentunya kami juga saling menjaga. Namun saya tidak melihat ada yang berubah karena kondisi ini. Saya tidak berpikir ada yang secara khusus berniat merusak mobil rekan setim Anda,” Raikkonen menuturkan. * (Tri Andika Wahyu)

Foto: Steven Tee (Sutton Images)

Posisi Start GP Italia (10 besar)

1. Kimi Raikkonen (Ferrari)

2. Sebastian Vettel (Ferrari)

3. Lewis Hamilton (Mercedes)

4. Valtteri Bottas (Mercedes)

5. Max Verstappen (Red Bull)

6. Romain Grosjean (Haas)

7. Carlos Sainz (Renault)

8. Esteban Ocon (Force India)

9. Pierre Gasly (Toro Rosso)

10. Lance Stroll (Williams)