POPULAR STORIES

King Of Kings Rally 2018 Bikin Mobil Mesin Kecil Naik Podium

King of Kings Rally 2018 Bikin Mobil Mesin Kecil Naik Podium Foto: IMI Pusat

KabarOto.com – Weekend kemarin (16/9/2018) membuat area sirkuit PMPP, Sentul meriah, berkat event King of Kings Rally 2018, kejurnas sprint rally putaran 4.

Diselenggarakan di trek aspal sirkuir Canti Darma PMPP, kawasan IPSC, Sentul, Bogor. Ternyata, mobil dengan mesin kecil justru diuntungkan karena bisa kompetitif dengan peserta lain yang menggunakan mobil bermesin besar.

Hasil akhirnya memang Rizal Sungkar, yang menggunakan Mitsubishi Evolution X berhasil menjadi juara. Posisi kedua ditempati Tb. Adhi yang menggunakan Jeep Cherokee di kelas J2. Sementara tempat ketiga adalah Rifat Sungkar, yang menggunakan mobil M Sport di kelas F3.

Baca Juga: Rizal Sungkar Dominasi Podium, Ini Daftar Para Pemenang Reli King Of Kings 2018

“Peserta tercatat ada 64 orang dan ini adalah angka yang baik. Hasil perlombaan di kelas kejuaraan umum menarik, karena Tb Adhi yang bertanding di kelas J2, bisa berada di posisi kedua, tepat di bawah Rizal yang di kelas M1. Sementara saya yang di kelas F3 bisa berada di tempat ketiga,” ungkap Rifat, yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Rally Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat.

Hal ini dapat terjadi karena di trek aspal, mobil dengan tenaga besar akan sangat diuntungkan. Sebab, dikombinasi ban khusus aspal dengan grip tinggi, maka tenaga mesin akan tersalur sempurna ke permukaan jalan.

Sedikit beda apabila di trek gravel, dimana ban akan cenderung spin apabila tenaga mesin terlalu besar.

Baca Juga: Renaldi Hutasoit Juara Ferrari Challenge APAC Singapura

Melihat hasil ini, Rifat sekaligus ingin memotivasi pereli muda lainnya untuk terus berusaha dan tidak mudah menyerah, karena semua tetap dapat bersaing.

“Mobil saya relatif kecil dengan tenaga 150-an dk, jadi saya harus ekstra berusaha. Namun di atas itu semua, saya ingin memperlihatkan dan membuka mata, bahwa para pemilik kendaraan berpenggerak roda depan tidak perlu berkecil hati. Karena dengan kendaraan 1.600 cc saja, apabila kita terus berlatih dan terus memaksimalkan kemampuan yang kita miliki, kita tetap bisa bersaing dengan mereka yang berada di kelas yang menggunakan mobil dengan tenaga lebih besar, seperti M dan J2.”

Sementara itu, Ketua Komisi Sprint Rally IMI Pusat, Hervian Soejono, juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Tentara Nasional Indonesia (TNI), atas dukungannya terhadap kancah olahraga otomotif, secara khusus rally dan sprint rally.

“Ini adalah kerja sama yang sangat baik dengan pihak PMPP yang mau mendukung olahraga otomotif di Indonesia, karena tempat ini memiliki potensi untuk menggelar ajang internasional,” tutur Hervian.

Baca Juga: Ini Juara Intersport Drift Battle BSD City Circuit