Kisah Singkat Karir Max Verstappen, Juara Dunia Pembalap F1 2021

Kisah Singkat Karir Max Verstappen, Juara Dunia Pembalap F1 2021

KabarOto.com - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen memenangkan Grand Prix di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Formula 1 2021 dan mencetak poin penuh yakni 26 poin.

Memantapkan gelar pertamanya sebagai juara dunia F1 2021. Serta bagi pabrikan Honda, ini adalah kemenangan pertama setelah selama 30 tahun, sejak Ayrton Senna memenangkannya pada 1991. Sekarang, jadi hadiah perpisahan manis bagi Honda di akhir keterlibatannya dalam ajang F1.

Baca juga: Hasil F1 Abu Dhabi, Penuh Drama Max Verstappen Raih Juara Dunia Pembalap F1 2021

Pembalap Belanda berusia 24 tahun itu melakukan debutnya pada tahun 2015, ketika dia baru berusia 17 tahun, menjadikannya pembalap termuda yang memulai debut di Formula 1.

“Rasanya luar biasa menjadi Juara Dunia dan saya tidak bisa meminta balapan terakhir yang lebih gila tahun ini. Itu sedikit rollercoaster, dari tidak benar-benar memiliki peluang untuk menang sampai lap terakhir, semuanya datang bersamaan, dan kami harus melakukannya. Saya terus berkata pada diri sendiri, saya hanya akan memberikan segalanya dan saya punya waktu sampai akhir dan itulah yang kami lakukan,” ujar Verstappen.

“Ini adalah kompetisi yang hebat musim ini dan bagi Max untuk memenangkan Kejuaraan Dunia, ini bukan hanya tentang balapan di sini, ini tentang sepanjang tahun dan betapa luar biasa dan konsistennya dia sebagai pembalap. Semua pujian juga untuk Lewis, dia telah menjadi lawan yang fenomenal sepanjang tahun dan Juara Dunia yang hebat, dia tangguh dan itulah yang membuatnya menjadi pencapaian yang lebih monumental untuk memenangkan ini,” papar Christian Horner selaku Kepala Tim Red Bull Racing.

Verstappen muda ketika berlaga di arena balap

Baca juga: Mercedes-AMG Petronas Juara Konstruktor 8 Kali

Sementara menurut Toshihiro Mibe, Direktur, Presiden dan Wakil Executive Officer Honda Motor co., Ltd., bagi Honda, gelar ini adalah tujuan yang ditetapkan sejak kembali ke F1 pada 2015. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua karyawan Honda yang telah memungkinkan hal ini terjadi.

Sementara bagi Verstappen ini adalah penentian yang tertunda, setalah musim 2020 lalu ia hampir saja menraih titel tersebut. Namun performa mobil yang masih di bawah Mercedes-AMG Petronas, gelar tersebut akhirnya diraih Lewis Hamilton.

Karir Max Verstappen :

2014 : Memenangkan Juara 3 FIA European Formula 3 Championship

2015 : Debut sebagai pembalap F1 termuda (17 tahun, 165 hari), menempati urutan 12 klasemen kala itu.

2016 : Kemenangan pertama di Spanyol, menjadikannya pembalap termuda yang pernah memenangkan balapan (18 tahun, 228 hari).

2017 : Menempati urutan keenam klasemen.

2018 : Menempati urutan keempat klasemen.

2019 : Kemenangan di Australia jadi kemenangan pertama Honda di Era Hybrid. Menempati urutan ketiga klasemen.

2020 : Menempati urutan ketiga klasemen.

2021 : Juara dunia Formula 1 2021.